Pantai Senggigi dan Pantai Nipah: Keindahan Pantai Lombok dengan Khas Masing-Masing


 Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana pengalaman saya mengunjungi dua pantai istimewa ini. Kenapa Istimewa? Iya Kedua pantai ini memiliki keindahan dan daya tarik masing-masing. Pengalaman berharga lainya yang saya  dapatkan ketika berwisata ke pantai tersebut adalah saya datang pada tanggal 9 agustus 2018 sekitar jam 3 sore. Jadi pada hari itu  beberapa jam kemudian terjadilah gempa bumi berskala 7 SR yang lokasi pusat gempanya lumayan dekat dari pantai itu. Alhasil Alhamdulillah masih diberi keselamatan. ok back to the point. Ada beberapa hal yang membedakan dari kedua pantai ini, mulai dari alamnya, pasirnya dan fasilitas yang ada di pantai tersebut.

1.      1. Pantai senggigi

Pantai ini terletak di Lombok Utara sekitar 45 menit dari Kota Mataram, pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi tempat favorit para wisatawan mancanegara. Bukan hanya pantainya yang indah tetapi juga terdapat banyak fasilitas yang memadai untuk keperluan wisatawan. Mulai dari hotel, rumah makan, bar, Mall sampai fasilitas penyewaan kendaraan pun sangat mudah untuk dijangkau dari pantai ini. Disamping itu juga, sebelum masuk ke pantai ini, kita akan melewati pasar tradisonal yang mana banyak pedagang yang menjual barang-barang tradisional khas Lombok. Ketika sampai ke tepi pantai,  kita akan menjumpai hotel dan restaurant di sepanjang pantai dan biasanya pantai inilah yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati keindahan pantai Senggigi ini.
Pantai senggigi pantai yang sangat indah untuk menikmati momen-momen sunset. Disamping itu juga terdapat dermaga di pinggir pantai yang biasa digunakan untuk mengambi foto, selanjutnya di pantai ini juga digunakan memancing, banyak warga lokal yang berdiri di pinggir pantai dan memancing ikan di sepanjang pantai. Jika kita lelah seharian bermain di bibir pantai, terdapat warung-warung kecil yang mana kita bisa beristirahat disana. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki keistimewaan lainya, tidak hanya dengan pasir pantainya yang putih tetapi juga air pantainya yang biru dan bening, ditambah lagi ombaknya yang tenang dapat membuat kita berenang dengan aman.

2.     2.  Pantai Nipah

Berbeda dengan pantai Senggigi, pantai Nipah memiliki keindahan pantai yang berbeda. Tepat dari pantai Senggigi kita melanjutkan perjalanan ke arah utara sekitar 15 menit, maka kita akan sampai di Pantai Nipah. Sebenarnya, ketika kita menempuh perjalanan antara pantai Senggigi menuju pantai Nipah, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Tidak hanya alam sekitar yang indah tetapi jalan yang kami lalui melewati tebing yang langsung menghadap ke laut lepas. Ditambah lagi dengan pegunungan yang terdapat di  sepanjang jalan menambah keindahan alami pantai tersebut.
Meskipun fasilitas di pantai Nipah tidak selengkap dengan pantai Senggigi tetapi pantai Nipah tetap menjadi rekomendasi bagi pecinta pantai. Mengapa demikian? Ketika kita telah sampai di pantai Nipah, kita akan merasakan sensasi pasir pantai yang sangat lembut dan tidak ada satu pun karang di sepanjang pantai. Pantai ini memang indah, karena sangat terjaga kealamiannya, disamping itu juga di sepanjang pantai terdapat warung makan yang menjual ikan bakar. Jika kita telah lelah dan lapar seharian bermain air di pantai tersebut kita bisa mampir ke warung ikan bakar yang ada disepanjang jalan dengan harga yang murah meriah.
Hal menarik lainya adalah ombaknya yang tenang, sehingga kita bisa berenang dengan nyaman. Pantai ini pun menyediakan kano yang bisa disewakan untuk mengelilingi pantai, terdapat juga beberapa ayunan disepanjang pantai yang bisa digunakan untuk bermain atau bisa dijadikan untuk berfoto. Nah kalau beruntung, kita juga bisa menyewa perahu yang mengantarkan kita ke tiga gili yang ada di Lombok yaitu Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan. Karena memang jaraknya yang sangat dekat dengan gili-gili tersebut.
Bagi temen-temen yang sedang merencanakan liburan ke pulau Lombok, kedua pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, karena dari beberapa pantai yang saya kunjungi di Bali ataupun di Jawa pantai inimemiliki ciri khas masing-masing. Have a nice day ya Traveller!


Bar dan Restaurant di Pantai Senggigi

Penyewaan Kano di Pantai Nipah


Ayun-ayunan menjadi Spot Foto di Pantai Nipah


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar