Pesona Wisata Bahari Pulau Lombok: Pantai Kuta Mandalika



Siapa lagi yang nggak asing dengan pantai Kuta ini, eits pantai Kuta yang saya maksud bukan pantai Kuta Bali ya.. jadi di pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai yang indah nan mempesona yaitu Pantai Kuta Mandalika. Pantai ini terletak di kabupaten Lombok Tengah.  Perjalanan dari kota Mataram tidak menghabiskan waktu lama, hanya sekitar 45 menit sampai satu jam. Menariknya, pantai ini adalah pantai yang sangat mudah dijangkau tanpa harus bersusah-susah mendaki ataupun lainya. Karena letak parkir mobil dan kendaraan lainya hanya berjarak kurang lebih 10 meter dari bibir pantai. Disamping itu juga, pantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Karena tempatnya yang Indah ditambah lagi dengan adanya Restaurant, Cafe, minimarket ataupun hotel yang terdapat disekitar pantai.

Pantai Kuta memang sangat lengkap, pemerintah sangat memfasilitasi pantai ini, terlihat dari jalannya yang sudah menggunakan trotoar. Terlebih lagi terdapat wahana-wahana bermain anak di sekitar pantai. Terdapat juga beberapa spot foto yang dijadikan  tempat favorit untuk berfoto, di sepanjang pantai terdapat  gazebo-gazebo kalo orang Lombok bilangnya tuh beruggak  hehehe,  gazebo ini bisa kita gunakan untuk berteduh ataupun beristirahat. Nah disamping itu juga, banyak penjual kesenian Lombok yang terdapat disepanjang pantai , para pedagang menjual mulai dari tas tradisonal, gelang hingga selendang khas Lombok.  Menariknya lagi terdapat para penjual yang menjual Kain songket yang merupakan motif khas Lombok. Semua asesoris-asesoris yang dijual mulai dari harga lima ribu rupiah hingga dua ratus ribu rupiah saja.
Berbicara tentang pantainya,pantai kuta ini memang syurganya pantai.Pasir pantai di pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang unik, karena butiran pasirnya lebih besar dari pantai lainya. Disamping itu juga terdapat pegunungan yang ada disebelah pantai yang tentunya menambah keindahan pantai tersebut. kebetulan waktu saya berkunjung kesana awan-awanya indah banget cerah walaupun agak terik sedikit. Airnya pun biru dan bening. Kalo lagi pasang surut ombaknya tenang dan dangkal kita pun bisa bermain-main ke tengah pantai. Kalau sedang pasang naik ombaknya cukup besar dan agak bahaya buat berenang. Yang lebih keren lagi, di pantai ini terdapat sebuah masjid yang sangat indah yaitu Masjid Nurul Bilad, masjid ini berbentuk seperti segitiga dan tentunya di hiasi dengan arsitektur bangunan yang menawan. Masjid ini hanya berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai.
Masjid ini dibangun untuk memfasilitasi wisatawan yang berwisata ke pantai Kuta, pemerintah provinsi NTB saat ini sedang melakukan proses pembangunan di pantai tersebut. Mulai dari masjid, tempat parkir dan akses jalan menuju pantai tersebut.  Sebenarnya ada beberapa tempat wisata yang bisa temen-temen kunjungi disekitar pantai Kuta yaitu Pantai Tanjung An dan Rumah adat Sade. Letak kedua wisata itu lumayan berdekatan dengan pantai Kuta. Semoga lain waktu saya bisa berkunjung ke wisata tersebut.

You Might Also Like

2 Comments

  1. Sampai saat ini saya belum kesampean ke Kuta nya lombok mas.. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semoga lain waktu bisa berwisata kesana mas, insyaInsya di Pantai Kuya, tidak terkena dampak gempa sama sekali, terakhir saya berkunjung kesana tanggal 14 Agustus, dan di pantai tersebut masih aman mas..

      Hapus

Top Categories