Taman Narmada: Taman Bersejarah yang Konon Katanya Bikin Awet Muda



Ketika sudah berlibur ke pantai, temen-temen PKL akhirnya mutusin buat berlibur ke taman kesenian Lombok, ada banyak taman sebenernya di pulau Lombok ini. Tapi tujuan kita kali ini adalah Taman Narmada. Nah taman Narmada ini terletak di Kabupaten Lombok tengah. Sekitar 30 menitan dari kota Mataram. Taman Narmada ini terkenal dengan budaya hindu yang ada di pulau Lombok. Walaupun pulau Lombok mayoritas muslim, tapi mereka tetap melestarikan kebudayaan yang ada di Lombok.  Untuk masuk ke taman ini cukup membayar 7000 aja buat orang dewasa.
Apa aja yang ada di Taman Narmada ini, baru pertama masuk gerbang kita langsung disuguhkan dengan tanaman-tanaman yang indah indah nan asri. Disini juga terdapat sebuah rumah adat, rumah ini dijadikan tempat berteduh atau juga beristirahat. Jika berjalan terus ke bawah,  kita akan menuruni beberapa anak buah tangga, Disana terdapat tiga buah kolam, kolam pertama terdapat kolam ikan yang dihiasai dengan air mancur, selain itu juga kolam ikan tersebut dikelilingi oleh pohon manggis dan tanaman kamboja, dan tepat disebelah kolam ikan terdapat rumah adat khas Lombok yang merupakan tempat tinggal dari penghuni rumah tersebut.
Kolam kedua meruapakan kolam renang, bagi kalian yang ingin mandi di kolam renang tersebut cukup membayar lima ribu rupiah saja, dengan air yang jernih dan segar konon katanya air di taman Narmada bisa membuat kita tampak lebih awet muda. Kolam renang ini pun juga terdapat beruggak atau gazebo tempat untuk menaruh barang-barang dan beristirahat. Fasilitas kolam renang lainya adalah disediakanya ruang ganti baju ketika setelah selesai renang.
Kolam ketiga lebih luas daripada kolam ikan dan kolam renang, kolam ketiga ini terdapat pancuran dari patung besar, disana terdapat sebuah perahu yang digunakan untuk mengelilingi kolam tersebut. Disekitar kolam tersebut juga terdapat tanaman teratai yang menghiasi sekitar kolam. Jika kita melangkah lebih jauh lagi kedalam kita akan menemukan beberapa warung makan di dalam taman tesebut, dan tepat disebelah warung makan tersebut terdapat pohon-pohon manggis dan saluran air peninggalan Belanda. Saluran aliran air ini juga menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan karena bentuknya yang memanjang dan melengkung beserta tangga-tangga yang digunakan untuk menaiki keatas saluran. Ditambah lagi dengan pemandangan alam disekitar saluran air tersebut menambah kecantikan wisata tersebut.
Jika kita menaiki anak tangga lagi, tepat puncak tangga tersebut terdapat rumah peribadahan bagi umat hindu Lombok, nah disini wisatawan dilarang memasuki tempat peribadahan tersebut. Karena tempat tersebut di sakralkan dan disucikan bagi umat hindu disana. Berjalan ke pintu keluar taman Narmada  kita akan melewati pasar tradisional terdapat banyak took-toko yang menjual asesoris-asesoris khas Lombok dan mutiara-mutiara yang di bentuk menjadi perhiasan. Demikianlah pengalaman saya mengunjungi taman ini, pulau Lombok memang kaya akan kebudayaanya hingga sampai sekarang pun pemerintah terus berupaya untuk menjaga dan merawat kebudayaan tersebut.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar