Air Terjun Benang Kelambu: Tirai Alami Pulau Lombok

  Berbicara tentang tempat wisata di Lombok memang tiada habisnya, pembahasan sebelumnya saya udah membahas tentang pantai dan taman. Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya mengunjungi air terjun yang berada di pulau Lombok. Iya meskipun Lombok terkenal akan pasir putih pantainya tetapi air terjun Lombok tak kalah indah  dengan air terjun lainya. Ketika di Lombok saya berkesempatan mengunjungi air terjun Benang Kelambu. Sesuai namanya air terjun ini secara tidak langsung seperti layaknya tirai yang jatuh dengan indah.

            Air terjun Benang Kelambu terletak di kabupaten Lombok tengah, tepatnya di desa Air Berik kaki gunung Rinjani. Perjalanan menuju tempat ini menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari kota Mataram. Biaya masuk ke air terjun ini adalah lima ribu rupiah dan jika mengendarai kendaraan cukup membayar biaya parkir lima ribu sampai sepuluh ribu saja. Menapaki pintu masuk menuju air terjun. Kita akan disuguhkan dengan banyaknya toko-toko dan rumah makan disekitar jalan.



            Sebenarnya, sebelum kita sampai ke air terjun Benang Kelambu, kita akan berjalan selama lima belas menitan untuk menuju air terjun lainya yaitu air terjun Benang Stokel. Nah, air terjun ini pun sangat layak untuk dijadikan spot foto yang bagus. Selain jaraknya yang dekat dari pintu gerbang masuk, air terjun ini juga memiliki keunikan yang lain yaitu air terjun yang memiliki dua aliran dan airnya yang dangkal. Namun, air terjun ini mampu menyejukan pandangan kita dengan keindahan alam disekitarnya. Fasilitasnya pun sangat memadai mulai dari tempat duduk yang terbuat dari kayu dan terdapat gazebo-gazebo di dekat air terjun yang bisa kita gunakan untuk beristirahat.




            Next, kalo sudah puas-puasan dengan air terjun Benang Stokel. Maka saatnya melanjutkan perjalanan menuju air terjun Benang kelambu. Menuju air terjun tersebut kita harus berjalan kaki sekitar satu jam, eitss jangan khawatir ketika melewati rute yang telah di tentukan kita akan disuguhkan dengan keindahan alam yang luar biasa indah yang berada disekitar jalan  dan juga banyak terdapat monyet yang akan menyapa kita selama perjalanan berlangsung. Jika masih capek, tenang kok masih ada tukang ojek disana yang langsung mengantarkan kita menuju gerbang pintu masuk dan keluar.  Jalan menuju air terjun ini pun telah diperbaharui terdapat banyak anak tangga yang dibuat untuk memudahkan kita menuju air terjun tersebut.




            Air terjun Benang Kelambu sangatlah indah, mulai dari jatuhnya air bagaikan tirai, dan tepat diatas tebing terdapat tanaman-tanaman yang menyembunyikan jatuhnya air secara langsung. Sekilas kita akan melihat seperti gorden alam yang sangat indah. Nah untuk yang senang berenang, didekat air terjun tersebut terdapat kolam renang yang langsung berasal dari sumber mata air.  Disana juga terdapat ruang ganti dan mushalla jika kita ingin berganti baju. Banyak wisatawan mancanegara yang sering berkunjung kesini mulai dari hanya sekedar berfoto ria ataupun ikut meikmati dinginya mata air di air terjun benang Kelambu
.

Kalo temen-temen ke Lombok, berlibur ke air terjun Benang Kelambu ini sangat direkomendasikan. Karena ketika saya berlibur ke Lombok.. teman-teman di Lombok menyarankan saya untuk pergi ke tempat ini dan hasilnya memang luar biasa indah. Semoga di lain waktu bisa mengunjungi air terjun ini lagi ya. Have a nice trip traveller ! 

You Might Also Like

4 Comments

  1. Kayaknya memang menarik untuk di coba. Terima kasih imfonya kakak

    BalasHapus
  2. Sayang banget dua kali kesana belum ada explore air terjun sama sekali. Next deh, insyaallah.

    Btw udah ke daerah sono, harusnya lanjut ke Sembalun tuh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah mbaak terima kasih telah berkunjung ke blog saya.. hehehe iya mbak, bagus banget air terjunya.. hehehe

      maklum mbak, kita masih orang baru yang masih mengandalkan google maps kala itu, heheehehe

      Hapus

Top Categories