Islamic Center: The Heart of Lombok Island


Pulau Lombok adalah pulau dengan mayoritas berpenduduk agama Islam, wajar saja jika pulau Lombok disebut sebagai pulau seribu masjid. Karena bisa dibayangkan dalam satu desa saja terdapat beberapa masjid yang saling berdekatan. Berlibur ke pulau Lombok juga sangat mudah untuk mecari makanan halal. Pantas saja pulau Lombok disebut sebagai Lombok, Halal Food Tourism. Karena sangat mudah untuk mecari makanan halal disana. Pulau lombok juga mendapat julukan Lombok Muslim Friendly Tourism. Karena ketika kita ke Lombok akan mendapat sambutan hangat para warga sekitar. Iya saya mengakuinya, saya berlibur di Lombok selama satu bulan saya pun merasakan bagaimana warga Lombok menghormati para tamu dengan keramah tamahannya.


            Sekarang saya akan menceritakan salah satu tempat yang sangat monumental sekali di lombok, menjadi simbolisasi pulau Lombok. Kalau bisa saya bilang the heart of Lombok. Iya sebuah masjid namun berbeda dengan semua masjid yang ada di Lombok. Yaitu Masjid Hubbul Wathan Islamic Center. Pertama kali saya mendatangi tempat ini saya pun langsung terpukau oleh masjid ini. Masjid yang sangat megah dan berbudaya khas Lombok. Islamic Center ini terletak di Kota Mataram. Bersebelahan langsung dengan kantor DPRD NTB. Arsitekturnya yang indah dan ditambah lagi dengan motif khas lombok.

            Islamic Center ini terdiri dari 4 Tingkat, saya sempat menaiki sampai ke 4 lantai tersebut. Ketika kita masuk ke dalam ruangan masjid kita akan disuguhkan dengan arsitektur yang luar biasa indah. Dibagian kubah terdapat sebuah reflika kipas angin yang terbuat dari kain. Ditambah lagi dengan arsitektur-arstitektur bangunan yang terdapat di dinding-dinding masjid. Tempat wudhu dan toiletnya pun sangat bersih dan nyaman. Terlebih lagi masjid Hubbul Wathan ini telah di lengkapi dengan Eskalator. Namun Eskalator hanya dinyalakan ketika saat menjelang shalat dan acara-acara keagamaan. Tiap minggu pun terdapat serangkaian kegiatan di Masjid tersebut mulai dari pengajian umum, ruqyah syar’iyyah dan lain-lain.


            Masjid Hubbul Wathon ini terdiri dari lima menara, yang mana tiap menara berukuran 99 meter. Hal ini menunjukan dengan bilangan asmaul husna yang berjumlah 99. Nah di menara utama kita bisa menikmati puncak menara masjid Hubbul wathan. Hanya membayar infaq shadaqah sebesar lima ribu rupiah saja. Kita bisa melihat seluruh pulau Lombok melalui menara masjid ini. Jika temen-temen yang ingin melihat keindahan pulau lombok datanglah sebelum jam lima sore ya. Karena fasilitas ini hanya dibatasi waktu sampai jam lima sore saja. Masjid ini pun membuka dengan seluas-luasnya bagi wisatawan asing yang ingin sekedar melihat atau penasaran dengan masjid ini.




            Satu hal yang sangat saya sukai dari masjid ini adalah melihat gemerlap masjid ini di malam hari. Subhanallah,  indah sekali. Jadi, di malam hari masjid ini terdapat berbagai macam lampu yang menghiasi seluruh bagian masjid mulai dari kubah hingga menara sekalipun. Semua warna bercampur baur menjadi satu dan menambah pesona keindahan masjid tersebut. Bagi temen-temen sekalian yang ingin berkunjung ke Lombok. Sempatkanlah berkunjung ke masjid ini. Tidak hanya tempatnya yang mudah dicari karena berada didaerah perkotaan. Masjid ini juga bisa menjadi tempat peristirahatan setelah melewati panjangnya perjalanan. Just do it, and enjoy it. Lombok Island.
Share:

8 komentar:

  1. Masjidnya indah ya, pengen juga ke Lombok cuma belum kesampaian nih sampai akhirnya ada gempa tempo hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga lain kali bisa ke Lombok. Insyaallah Lombok skrg udh aman mbak hehehe..

      Hapus
  2. Ini gak rusak kena gempa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang rusak sebagian mbak kayak salah satu menara ada yang rusak bagian atapnya aja, yang lain masih aman

      Hapus
  3. MasyaAllah, nama masjidnya yang menunjukkan bahwa keIslaman dan keIndonesiaan berada dalam satu tarikan nafas.

    BalasHapus
  4. Jadi pengen ke Lombok, dari dulu belum kesampaian 😅

    BalasHapus