Kota Sabang, Syurganya Ujung Barat Indonesia

sumber: www.merdeka.com

Kota sabang adalah daerah yang terletak di titik ujung barat Indonesia. Kota Sabang terdiri dari beberapa pulau diantaranya pulau Klah, Rondo, Rubiah, Seulako, dan pulau Weh. Pulau Klah adalah pulau yang terletak di sebelah barat laut pulau Weh, Pulau yang tak berpenghuni namun indah nan memesona. Selanjutnya adalah pulau Rondo, pulau yang berada pada titik terluar Indonesia, berbatasan  langsung dengan negara India. Pulau ini terletak sebelah utara dari Pulau Weh. Karena berada pada pulau di titik ujung Kota Sabang, maka masyarakatnya pun memiliki kebiasaan sebagai nelayan dalam keseharianya. Terlebih lagi, pulau Rondo memiliki letak geografis yang strategis yang dapat menghubungkan pelayaran dua benua yaitu Asia dan Eropa. Pulau Rubiah, Pulau yang terletak sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini sering disebut sebagai surganya kerajaan bawah laut, cara mudah untuk mengunjungi pulau ini adalah dengan menyewa kapal dari pantai Iboih. Pulau Seulako, Pulau yang tak berpenghuni namun memiliki alam bawah laut yang sangat Indah. selanjutnya adalah pulau Weh, pulau yang satu-satunya dijadikan sebagai pemukiman warga. Pulau ini terdiri dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Sukajaya dan Sukakarya. Kemudian terbagi lagi menjadi 18 Gampong (Desa).

Kota Sabang, pulau dengan keindahan reflika alam yang menawan, kota Sabang merupakan daerah yang berada di ujung barat Indonesia. Sebuah titik ujung dari hamparan negeri sang ibu pertiwi. Indonesia merupakan negara maritim, negara yang tediri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan, adanya lautan bukanlah pemisah sebuah identitas kebangsaan, justru lautan lah yang membuat  pulau-pulau tersebut menyatu menjadi sebuah identitas kebangsaan. Iya.. Sabang buktinya, titik nol Indonesia sebagai bukti bahwa kita benar-benar ada, Sabang merupakan titik ujung kepulauan Indonesia, menjadi Garda terdepan dalam tatanan geografis, sebuah permata indah yang mana orang asing pun silau dibuatnya.

Jumlah penduduk Kota Sabang adalah 40.040 jiwa.  Inilah Indonesia. begitu banyak pulau-pulau yang ada di Indonesia, dengan segala keunikanya, sampai pulau yang belum ternama sekalipun akan disatukan oleh lautan, sebuah benang kejaiban yang menyambungkan kita menjadi lebih hamonis, tidak apatis dan dinamis

            Kota Sabang merupakan bagian dari provinsi Aceh, penduduk di kota Sabang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Hal tersebut diketahui karena kota Sabang sendiri dekat dengan kawasan pesisir laut. Disamping itu juga kota Sabang terkenal akan wisata baharinya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun  asing. Pulau sabang juga merupakan titik nol Indonesia yang diresmikan oleh wakil presiden Try Sutrisno pada tanggal 9 September 1997. Secara geopolitis kota Sabang merupakan daerah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara-negara lainya seperti India, Malyasia dan Thailand.


Seperti yang diberitakan dalam web resmi pemerintah kota Sabang www.sabangkota.go.id. Pemerintah kota Sabang sedang gencarnya memajukan kota Sabang melalui sektor pariwisata dan perikanan. Seperti yang dikatakan oleh wali kota Sabang Nazzarudin, yang akrab disapa TGK Agam bahwa kota Sabang sedang menggencarkan terobosan barunya yaitu “Membawa Sabang Kota Seribu Event” yang mana ingin menjadikan kota Sabang menjadi lebih terkenal lagi ke penjuru nusantara atau justru mancanegara, dengan mengadakan banyaknya kegiatan-kegiatan di kota Sabang akan membuat kota Sabang semakin terkenal lagi, disamping itu juga kota Sabang saat ini sedang membenahi diri seperti memperbaiki insfrastruktur dan taman-taman agar para wisatawan merasa aman dan nyaman ketika mengunjungi kota Sabang tersebut. 

Sumber : 
wikipedia.com
sabangkota.go.ig
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar