Lagi di Malang? Yuk Cobain Lezatnya Soto Legenda ini, "Soto Qonaah"

           

           Malang memang penuh dengan sejuta keistimewaannya, mulai dari wisata alamnya sampai dengan wisata kulinernya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu kuliner yang cukup terkenal di Kota Malang bahkan di Indonesia. Yap Soto, makanan khas Indonesia satu ini memang memiliki penggemar tersendiri dikalangan masyarakat Indonesia. Meskipun di era globalisasi ini banyak makanan dari luar Indonesia yang masuk ke Indonesia tetapi soto masih tetap menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Lalu apa bedanya dengan soto yang akan saya jelaskan satu ini? Tentunya soto ini sangat berbeda dari yang lainnya. Yap orang-orang menyebutnya sebagai “Soto Qonaah”.

            Soto Qonaah ini sudah sangat terkenal bagi kalangan mahasiswa UIN dan sekitarnya. Bahkan ada yang nyeletuk “jangan bilang Mahasiswa UIN kalau belum nyobain endeusnya soto Qonaah ini”. Tidak hanya harganya yang murah meriah tetapi soto ini juga memiliki cita rasa yang istimewa. Soto Qonaah ini berada di Jalan Sigura-gura lebih tepatnya di Gerbang Belakang UIN Malang. Warung soto ini biasanya buka setiap hari senin sampai sabtu mulai dari jam 6 pagi sampai habis. Biasanya jam setengah sembilan atau sampai jam sembilan soto ini pun sudah habis. Bahkan banyak yang rela mengantri berjam-jam hanya agar bisa menikmati hidangan soto ini. Teman-teman cukup mebayar dengan harga Rp.6000,- saja sudah akan mendapat semangkok soto plus dua kerupuk. Namun sayangnya kalau sudah longweekend, soto Qonaah pun biasanya sudah tutup teman-teman pun harus menunggu sampai jadwal ngampus tiba.

Apa Keistimewaan Soto Qonaah ini?


            Jujur saja dari segi penampilan warung Soto Qonaah ini memang tidak ada menariknya bagi saya, tidak seperti warung-warung makan disekitarnya yang layaknya seperti rumah makan pada umumnya. Namun warung soto qonaah ini hanyalah sebuah gerobak biasa kemudian kita bisa makan di alas yang telah disediakan. Meskipun begitu para pelanggan tidak terlalu mempedulikan hal tersebut karena tidak sebanding dengan cita rasa soto yang dimakan. Yap, dari beberapa teman yang saya tanyakan ada beberapa hal yang membuat soto Qonaah ini menjadi istimewa yaitu mulai dari harganya yang terbilang murah meriah, kemudian porsinya yang banyak dan juga cita rasanya yang istimewa. Ada juga beberapa alasan lainnya seperti jaraknya yang dekat dari kampus dan soto ini paling enak kalau disantap bersama-sama teman lainnya. Itulah mengapa yang membuat soto ini begitu melegenda. Mungkin teman-teman punya alasan lainnya? Tulis dikomentar ya.

Tiga tahun lali dibelakang Gerbang UIN Malang ini hanya ada satu warung yaitu warung soto Qonaah ini, Soto ini pun menjadi incaran para mahasantri putra ketika selesai Ta’lim. Namun sekarang sudah banyak rumah makan yang berjejeran di sekitar warung tersebut. Meskipun begitu warung sederhana ini tetap menjadi nomor satu di hati pelanggannya. Sampai saat ini warung soto ini terus ramai orang-orang berdatangan hanya untuk menyantap soto ini. Memang lah layak soto ini disebut sebagai soto yang melegenda.


Nah begitulah teman-teman beberapa penjelasan tentang soto yang melegenda ini. Jangan lupa ya kalau lagi berada di sekitar UIN Malang bisa banget nih nyempetin makan di Warung Soto Qonaah ini. So harus cepet-cepet yaa.. biasanya jam enam pagi itu pelanggannya udah berbaris-baris mengantri jadi harus cepat-cepat dateng ya, kalo nggak nanti bisa kehabisan loh. Selamat makan soto. Hehehe.

You Might Also Like

0 Comments

Top Categories