Pagelaran Drama Bahasa Arab "Cahaya dari Nurs"


Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam mementaskan seni drama. Pementasan drama Bahasa Arab yang dilaksanakan pada kamis, 06 Desember 2018 ini mampu membuat penonton terharu akan kisah perjuangan yang ditampilkan dalam drama tersebut. Pagelaran drama yang bertempat di Home Theater Fakultas Humaniora ini mengangkat judul Cahaya dari Nurs yaitu mengisahkan tentang kisah perjuangan seorang ulama Badiuzzaman Said Nursi dalam membela ajaran agama di pemerintahan sekuler Turki. Tak sedikit penonton yang menangis haru ketika menyaksikan pementasan drama ini berlangsung. Diharapkan melalui pementasan drama ini penonton mampu mengambil hikmah dari perjuangan sang ulama dalam membela ajaran agama ditangan kekuasaan sekuler Turki masa itu.

Pementasan drama ini tidak hanya menampilkan drama saja melainkan juga mengenalkan kebudayaan Arab yang ditampilkan langsung oleh mahasiswa BSA  seperti penampilan syair Arab lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu themesong drama dan Tarian tradisonal Arab yang dikolaborasikan dengan tarian modern. Penampilan tersebut mampu menghibur penonton sebelum pementasan drama dimulai.

Pementasan drama dengan judul Cahaya dari Nurs ini diawali dengan kisah dari lahirnya seorang ulama yang kemudian tumbuh dewasa dengan kecerdasan intelektualnya dalam berdakwah. Beliau memiliki empat orang murid yang selalu setia menemani sang ulama Said Nursi dalam berdakwah. Kemudian dakwah yang dilakukan oleh Badiuzzaman Said Nursi pun terdengar sampai pemerintah sekuler Turki yang mana pada saat itu pemerintah melarang keras memadukan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari. Mustafa Kemal pun memerintahkan Jendral dan tentaranya untuk menahan dan menyiksa Said Nursi beserta muridnya hingga mau patuh terhadap aturan yang ditetapkan pemerintah sekuler Turki. Hingga pada akhirnya Said Nursi pun berhasil selamat dan memenangkan persidangan yang dilaporkan oleh pemerintah sekuler.

Ketua Pelaksana acara ini Faizul Munir mengucapkan banyak terima kasih terhadap seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini. Kemudian Ust. Dr. Halimi Zuhdy, M.Pd, MA selaku ketua jurusan Bahasa dan Sastra Arab juga memberikan apresiasinya terhadap pagelaran drama tersebut. Acara ini pun dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Humaniora Dr. Hj. Syafiyah, M.A dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi dan bangga atas pagelaran mahakarya yang ditampilkan oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab angkatan 2015 ini. Diharapkan drama ini mampu menginspirasi para pemuda dalam meneladani kisah perjuangan Badiuzzaman Said Nursi.

            Pagelaran drama ini pun berhasil mendapatkan banyak tepuk tangan penonton. Dinan salah satu penonton drama berkata “Akting yang diperankan sangat keren sekali, sehingga para artis dan aktor sangat menghayati peran yang ditampilkan, selamat dan sukses untuk masrohiyyah BSA 2015”. Tak sedikit penonton yang berdiri untuk menonton drama ini karena telah kehabisan kursi. Diakhir acara para artis dan aktor drama masuk ke panggung utama yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh seluruh penonton.

Berikut cuplikan gambar pada saat pementasan drama berlangsung.








Jika teman-teman penasaran dengan pementasan drama tersebut, teman teman bisa menyaksikan tayangan ulang di video youtube berikut ini.






Share:

12 komentar:

  1. Pementasan drama yang luar biasa. Sayang, pas pementasan nggak bisa hadir dan Alhamdulillah, bisa tengok siaran ulang di YouTube.

    BalasHapus
  2. Dramanya juga full bahasa Arab ya? Pas banget aku baru aja beli buku ttg said nursi

    BalasHapus
  3. Aku suka baca buku said Nursi. filosofinya dalam banget. Itu fotomu kah? Kereeen

    BalasHapus
  4. Wuihhh udah ada adsensenyaa..jadi penasaran sm said nursi..

    BalasHapus
  5. Aseeek.. Nonton d yoUtube ah..

    BalasHapus
  6. Aku juga suka baca kisahya said nursy. kan ada novel kang abik yang tentang zaid nursy ya. Oiya kak dzikrul jurusan bahasa arab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, drama itu juga diambil dr novel kang Abik mbak.. hehe

      Hapus