Resensi Buku Arab Spring: Badai Revolusi Timur Tengah yang Penuh Darah Karya M Agastya ABM

       
 
Identitas Buku
Judul Buku: Arab Spring: Badai Revolusi Timur Tengah yang Penuh Darah
Pengarang: M. Agastya ABM
Halaman: 236 hlm
Tahun Terbit: 2013
Penerbit: IRCiSoD
Ukuran: 24x15 cm
Cover Buku
Resensi Buku
Buku yang berjudul Arab Spring ini merupakan buku yang mengulas tentang sekelumit konflik di Timur Tengah. Buku ini sangat cocok bagi pembaca yang senantiasa mengikuti perkembangan konflik di timur tengah. Penulis mampu mengulas kejadian yang terdapat di buku ini secara kronologis sehingga mampu menjelaskan suatu peristiwa secara lengkap. Sebagaimana kita tahu bahwa buku yang berjudul Arab Spring ini adalah buku yang menjelaskan tentang peristiwa revolusi yang dilakukan orang-orang timur tengah dalam melawan pemerintah-pemerintah ototriter di negara masing-maisng mulai dari Tunisia, Mesir, Libya, Yaman, Syiria hingga Bahrain.

            Buku ini juga menjelaskan secara gamblang bentuk-bentuk usaha yang dilakukan masyarakat timur tengah dalam melawan pemerintah yang otoriter. Disamping itu juga sebelum penulis menjelaskan apa saja konflik yang terjadi dalam pemerintah tersebut. Penulis terlebih dahulu menjelaskan tentang identitas negara tersebut yang akan berkesinambungan secara langsung maupun tidak langsung terhadap konflik tersebut. Penulis juga menjelaskan konflik yang terjadi berdasarkan berita atau informasi dari beberapa sumber.

            Buku Arab Spring ini diterbitkan pada tahun 2013 sehingga terdapat beberapa konflik yang terjadi dibeberapa negara belum tuntas untuk dijelaskan. Beberapa sumber dalam buku ini menggunakan referensi yang berasal dari internet sehingga teman-teman bisa mengecek secara langsung di alamat website untuk mengetahui validitas informasi dalam buku tersebut. Penulis juga menjelaskan polemik yang terjadi di timur tengah secara ringan sehingga akan memudahkan kita terhadap konflik yang terjadi di Timur tengah.

            Pokok utama yang terdapat dalam buku ini adalah bagaimana usaha-usaha yang dilakukan masyarakat dalam melawan pemerintahan otoriter kemudian pengaruh revolusi tersebut terhadap negara-negara lainnya meskipun terdapat beberapa negara yang belum tuntas dalam pergerakan revolusinya. Buku ini juga menjelaskan tentang negara-negara non arab yang ikut terlibat dalam konflik ini sehingga menambah polemik yang terjadi di timur tengah. Ada beberapa alasan yang menjadi pokok utama terhadap pengaruh negara-negara luar terhadap konflik yang terjadi di timur tengah yaitu perang ideologi dan sumber minyak bumi yang sangat melimpah.

            Buku ini cocok untuk menjadi referensi teman-teman untuk mengetahui titik awal terjadinya konflik dibeberapa negara dan meng-update informasi terkini dari sumber-sumber lain yang terpercaya. Buku ini tidak hanya menjelaskan tentang titik awal revolusi saja melainkan awal kebangkitan orang-orang timur tengah atas keterpurukan mereka dalam menghadapi pemerintah yang otoriter.
Share:

1 komentar: