Wisata Budaya Kebun Raya Pura Jagatnatha Kota Negara Bali

Pura Jagatnatha Kota Negara
Apa yang terlintas dipikiran teman-teman ketika mendengar pulau Bali, yaps wisata alamnya mulai dari pantainya hingga sampai wisata budayanya sudah terkenal mulai dari lokal hingga mancanegara. Kali ini saya akan menjelaskan salah satu wisata budaya yang terdapat di Pulau Bali yaitu kebun raya Pura Jagatnatha. Wisata budaya satu ini merupakan tempat yang mencerminkan kearifan lokal dan potret kebudayaan masyarakat Bali. Namun saya hanya akan menjelaskan tentang keindahan dari taman jagatnatha ini aja ya teman-teman.hehehe
Lima Patung Putri Bali yang sedang menari 
            Kebun Raya Pura Jagatnatha ini terletak ditengah-tengah kota Negara, Kabupaten Jembrana. Jika teman-teman sedang melakukan perjalanan darat menuju Denpasar. Pasti teman-teman akan melewati taman ini. Karenan terletak di area jalan pusat Gilimanuk kearah Denpasar. Taman ini pun memiliki ciri khas budaya Bali yang kental. Ketika saya berkunjung kesini, teman-teman akan disuguhkan dengan empat patung perempuan Bali yang sedang menari. Pintu masuknya pun khas dengan relief-relief khas Bali.
Jembatan di Kebun Raya Pura Jagatnatha
            Ketika teman-teman masuk kedalam, terdapat sebuah kolam yang cukup luas dan jembatan kayu dengan corak yang khas. Kolam tersebut pun dikelilingi dengan pepohonan yang mebuat taman ini tampak asri dan indah. Taman ini pun sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang bagus. Terus melangkah kedalam maka teman-teman pun akan sampai di pura Jagatnatha. Pura ini juga dibuka untuk semua wisatawan baik yang beragama hindu ataupun bukan. Kecuali terdapat tempat-tempat tertentu yang menjadi tempat yang disucikan oleh umat hindu. Jika kita naik keatas kita akan memasuki tempat yang mana biasa digunakan untuk pagelaran seni dan budaya oleh masyarakat Bali. Jika teman-teman beruntung dihari-hari tertentu teman-teman juga bisa menyaksikan penampilan-penampilan musik tradisional Bali maupun juga tarian khas Bali.
Pintu Masuk Menuju Kebun Raya Jagatnatha
            Jika berbicara biaya masuk ke kebun raya yang indah ini, teman-teman hanya tinggal melangkahkan kaki saja ke dalam taman ini tanpa harus membayar sepeser pun alias gratis. Taman ini memang dibuka untuk umum. Letaknya juga yang strategis yang berada disebelah taman Pecangakan dan Twin Tower kota Negara. Maka dari itu setiap minggu jalan sekitar taman tersebut biasanya digunakan untuk Car free day atau CFD. Wah seru banget kan pastinya. mai melali ke negare! Hehehe.

            Demikianlah teman-teman penjelasan saya mengenai kebun raya Jagatnatha ini, kalau teman-teman sedang perjalanan menuju Denpasar apalagi sedang berada di Jembrana yuk sempetin berwisata budaya ke Taman ini. Untung-untung kalau pas lagi ada pagelaran seni wah pastinya seru banget tuh. Happy traveling gaes!
Share:

16 komentar:

  1. kayaknya aku kesana juga hehehe....

    BalasHapus
  2. Eh, Fin pernah kesana juga, nih. Tapi cuma lewat, karena tujuan wisata rombongan study tour-nya nggak kesana. Moga bisa explore lagi, Bali 🤣

    BalasHapus
  3. Belon pernah ke sini.. Smg ada rezeki k sini.. Aamiin

    BalasHapus
  4. Mai melali itu apa ya? ��

    BalasHapus
  5. Pasti artinya mai melali itu monggo kesini kan ya hehe

    BalasHapus
  6. Makin keren saja Bali, ya ...
    Bikin kangen kesana lagi.

    Untuk masuk ke taman sekeren kebun raya pura Jagatnatha saja ngga dikenai tiket masuk ..., keren deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas, masuk ke sini gratis.. soalnya berdekatan dengan taman kota dan kantor bupati

      Hapus
  7. Berarti kalau ke Bali naik bis melewati taman ini ya? saya belum pernah ke Bali sekalipun hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak Ivon, kalo jalur denpasar pasti ngelewatin. semoga bisa halan-halan ke Bali mbak... hehe

      Hapus