Berikut hal-hal yang Perlu Diketahui Para Blogger pada saat memulai Ngeblog


Buat temen-temen yang berkeinginan membuat blog, semoga postingan ini bisa membantu teman-teman sekalian supaya ada pengetahuan umum mengenai apa sih sebenarnya yang bisa kita lakukan dengan blog. Kebanyakan dari kita nggak tahu ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan melalui blog sehingga banyak diantara kita yang akun blognya pada mati karena nggak tau hal tersebut termasuk saya juga dulu hehehe. Saya sendiri bergabung di blog dulu pada tahun 2015. Kemudian blog tersebut saya isi dengan postingan berupa cerpen-cerpen atau puisi-puisi yang pernah saya buat. Ketika saya disibukan dengan kegiatan kuliah dan organisasi akhirnya kegiatan blog pun saya tinggalkan. Sampai pada akhirnya pada tahun 2018 akhir kemarin ada beberapa hal yang membuat saya tersadar ternyata ngeblog itu sangatlah mengasyikan.  Banyak hal yang bisa kita eksplor dari ngeblog sehingga membuat kita terus ketagihan beraktivitas di dunia blog.
www.blogger.com
      Terdapat dua platform terkenal yang biasa para blogger gunakan yaitu www.wordpress.com ataupun www.blogger.com. untuk wordpress akan membuat alamat blog menjadi www.blabla.wordpress.com dan untuk blogger akan menghasilkan alamat www.blabla.blogspot.com. Nah lalu apa sih perbedaan kedua platform tersebut, sebenarnya kedua platform tersebut sama saja yaitu media menulis yang bisa kita gunakan secara online. Fitur-fitur yang diberikan pun kurang lebih sama jadi terserah teman-teman mau pake yang mana aja. Kalo saya sendiri lebih nyaman pake blogger karena fiturnya lebih mudah dan simple. Kalo wordpress masih proses belajar hehehe.
inkthemes.com

      Setelah teman-teman mengetahui secara umum apa itu blog, nah sekarang mari kita lanjutkan. Sebenarnya apasih yang bisa teman-teman lakukan dengan blog, lalu apa aja keuntungan yang bisa teman-teman dapatkan melalui blog. Inilah pertanyaan-pertanyaan yang sering terlontarkan kepada saya selama ini. Semoga melalui tulisan singkat ini bisa menjawab semua rasa penasaran teman-teman ya.

Tujuan awal membuat Blog apa?

Sebelum membuat blog ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan.

NIAT

      Niat adalah hal paling mendasar yang bener-bener harus dipersiapkan. Apakah teman-teman berniat membuat blog hanya untuk konsumsi pribadi saja? ataukah ingin dibaca oleh banyak orang. Hal tersebut benar-benar harus disiapkan dan siap menerima resikonya masing-masing. Kalo teman-teman memang hanya untuk konsumsi pribadi jadi semua tulisan yang teman-teman buat hanya untuk diri penulis saja tanpa ada keuntungan yang bisa didapat. Kalau memang ingin dibaca banyak orang maka jangan sungkan untuk membagikan ke semua orang. Tentunya dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat ya. Sehingga blog kita semakin ramai dikunjungi banyak orang.

NICHE

      Niche ini juga sangat penting loh, Niche adalah tema umum yang teman-teman ingin buat di blog contohnya fashion, lifestyle, traveling, education, teknologi, kesehatan dan lain-lain. Kenapa demikian? Supaya pembaca punya tempat sendiri ketika mereka mencari informasi. Ketika mereka butuh informasi wisata pasti mereka akan mencari blog yang berbicara tentang wisata begitu juga dengan niche lainnya. Selanjutnya blog kita juga bisa dengan mudah terindeks dengan google. Kemudian juga semakin mudah untuk diterima di Google Adsense. GA adalah salah satu cara supaya blog kita bisa menghasilkan uang. Wah enakkan? Apalagi yang hobi nulis, malah bisa nambah pundi-pundi melalui hobi. Ok next.

KUALITAS TULISAN

Maksudnya adalah ciptakanlah tulisan-tulisan yang bermanfaat dan benar-benar dicari oleh para pembaca. Misalnya membuat tutorial atau tips dan trick atau hal-hal edukatif lainnya yang biasa dibutuhkan banyak orang. Kalau selain itu gimana? Iya nggak apa-apa asalkan rajin nulis dan aktif di blog. Itu bisa meningkatkan Domain Authority(DA) dan Page Autorithy (PA) kita loh. DA dan PA adalah kayak penilaian google terhadap blog kita. Semakin tinggi PA dan DA kita maka semakin besar  peluang kita untuk dicari banyak perusahaan buat naruh artikelnya di blog kita. Sehingga hal tersebut juga bisa menambah pundi-pundi keuangan blog kita.

TAMPILAN BLOG

Menghasilkan tampilan yang responsif juga penting. Pasti teman-teman yang baru menggunakan blog hanya menggunakan tema blog yang itu-itu aja. Hehehe maksudnya hanya mengandalkan tema yang hanya di sediakan blog. Padahal banyak tema-tema yang menarik dan responsif lainnya yang bisa teman-teman gunakan sehingga membuat tampilan blog lebih menarik dan membuat pembaca betah berlama-lama di blog masing-masing. Dimana saya bisa dapet tema  lainnya itu? Mudah banget sebenarnya banyak tema-tema blog lainnya yang lebih bagus tentunya bisa teman-teman dapatkan secara gratis. Coba deh teman-teman ketik di pencarian Google dengan keywords “download free template for blog” pasti muncul banyak link yang menyediakan tema blog secara gratis maupun berbayar. Namun untuk mengaturnya juga butuh waktu yang agak lama juga. Mungkin di postingan selanjutnya saya akan share lagi ya.

Apa yang harus diperhatikan ketika sudah punya Blog?

      Ketika teman-teman sudah mempunyai blog dengan kriteria-kriteria diatas, nah perlu diperhatikan hal-hal berikut ini supaya blog teman-teman sekalian semakin terkenal dan bisa dijangkau banyak orang.

Blog berdomain TLD atau blogspot

Blog yang ber-TLD atau Top Level Domain kasarannya adalah mengubah alamat blog teman-teman menjadi akun berbayar seperti yang awalnya www.lembaranko.blogspot.com menjadi www.lembaranko.com saja. Jadi dengan membayar pembuatan TLD sesuai waktu tertentu maka domain blogspot atau wordpress akan hilang dan mengubah sesuai dengan domain yang teman-teman inginkan seperti dot.com, dot.id, dot.net, dan lain-lain. Sebenarnya hal ini sama saja dengan akun blogspot namun dengan menggunakan TLD akan membuat kita semakin bangga menjadi blogger karena sudah tidak menggunakan platform yang gratisan lagi. Hanya saja ketika teman-teman mengganti blog gratis (blogspot) menjadi berbayar (ber-TLD) maka teman-teman juga akan mengulang PA dan DA  lagi dari nol. Namun biasanya untuk blog yang sudah terkenal akan sangat mudah untuk menaikkan rating blog
.
Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

      Satu lagi yang harus teman-teman perhatikan dari blog yaitu DA dan PA. Domain Authority adalah seberapa aktif teman-teman menulis konten di blog sehingga akan mempengaruhi rating DA pada blog. Page Authority adalah seberapa banyak pembaca yang telah berkunjung ke blog teman-teman. Semakin banyak orang yang berkunjung dan berkomentar akan semakin membuat naik rating PA teman-teman. Banyak perusahaan-perusahaan yang ingin menaruh iklan atau artikelnya pada suatu blog itu akan dilihat melalui rating PA dan DA loh. Semakin tinggi rating akan semakin besar peluang tersebut sehingga bisa menghasilkan uang melalui blog.

Search Engine Optimization (SEO)

      SEO itu berfungsi agar bagaimana caranya supaya tulisan-tulisan atau blog teman-teman sekalian mudah terindeks di pencarian atau gampangannya muncul di pencarian Google paling atas. Yapp.. banyak yang perlu dilakukan seperti mengatur blog supaya mudah dicari di pencarian dan tentunya dengan beberapa hal yang agak panjang untuk dijelaskan. Saya sendiri juga masih belajar tentang ini, Intinya SEO adalah bagaiamana kita mendekatkan blog kita ke Google supaya mudah dianalisis dan muncul dipencarian teratas Google.

Google Adsense

      Google Adsense ini merupakan salah satu cara agar bisa meghasilkan penghasilan melalui blog. GA ini bisa kita lakukan dengan cara mendaftarkan akun blog kita ke Google supaya bisa mendapatkan Iklan. Kemudian blog teman-teman pun akan diseleksai dalam jangka waktu tertentu. Ketika Adsense disetujui maka teman-teman pun sudah bisa menghasilkan uang tersebut. Biasanya menggunakan jumlah viewers dan CPC atau dengan mengklik iklan. Saya sendiri kurang tau bagaimana kriteria yang pasti supaya blog bisa diterima di GA. Saya sendiri butuh waktu sekitar dua minggu hingga bisa diterima di GA. Namun, banyak juga kok hal lain yang bisa gunakan untuk menghasilkan uang melalui blog. Asalkan kita rajin ngeblog dan banyak dibaca orang insyaAllah bisa bermanfaat bagi orang lain. Intinya sih kembali ke tujuan utama nulis ya. Jangan lupa juga percantik blog dengan belajar tutorial-tutorial blog supaya blognya makin keren.


      Demikianlah penjelasan saya mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai blog.  Penjelasan diatas merupakan penjelasan secara umum ya, soalnya butuh penjelasan yang panjang lebar supaya bisa lebih paham lagi. Nah untuk tulisan selanjutnya teman-teman request yang mana nih? Mau penjelasan tentang Tampilan blog?, PA dan DA? SEO? Atau Google Adsense atau yang lainnya. Jangan lupa tulis dibawah ya. Jawaban terbanyak nanti bisa jadi acuan saya untuk menulis. Semoga bermanfaat.
Share:

29 komentar:

  1. Tlong kasih tutorial tentang tampilan blognya dong kak

    BalasHapus
  2. Pembahasannya lengkap dan cara penyampaiannya asik juga 😊

    Sukses dan semoga konten berikutnya semakin asik lagi 😁

    BalasHapus
  3. Sebagai blogger pemula saya belajar banyak di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. terima kasih kak, yuk saling belajar bersama

      Hapus
  4. Untuk zaman skrg ngeblog jika ingin dpt penghasilan spertinya memang hrus pnya tld agar terlihat lebih serius. Toh skrg banyak promo domain murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget kak, tp saya jga tak jarang ngeliat beberapa blog yg masih menggunakan blogspot tp sudah dpt GA juga

      Hapus
  5. Simpel dan penjelasannya ok bgt

    BalasHapus
  6. Dulu niat awal karena sering googling dan nemu banyak banget blog. Dan mikir kok orang-orang bisa bikin, gimana bikinnya. Akhirnya bikin blog deh 😬

    Terus akhirnya saya ganti domain blog saya ke TLD tujuannya biar bisa buat pamer ke temen-temen, apakah niat saya ini dibenarkan? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat blog menjadi TLD itu kebanggaan tersendiri buat para blogger hehehe

      Hapus
  7. Makasih ilmunya Hu. Kita jadi tahu sedikit banyak tentang Blog Hu.

    THAHARAH KORUPSI

    BalasHapus
  8. Pembahasan yang cukup menarik tapi untuk ngeblog menghasilkan uang itu ternyata susah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan bener banget,.. butuh usaha dan kerja keras..

      Hapus
  9. sepertinya, bahasan dari post ini terlalu tinggi bagi blogger pemula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian: "Apa yang harus diperhatikan ketika sudah punya Blog?" yg bahasannya terlalu tinggi untuk pemula.

      Hapus
    2. hehehe iya gan.. itu juga dibuat biar pemula kayak aku ini juga iya sekedar tau biar makin semangat ngeblognya dan bisa saling sharing gitu gan...

      Hapus
  10. Hehe mantap gan, sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya ^_^

    BalasHapus
  11. saling belajar gan.. teima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  12. sangat bermanfaat dan saya suka dengan artikel ini, semoga saya menjadi salah satu bblogger yang bisa meraih mimpi, , ,

    BalasHapus
  13. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus