ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15: Laptopnya Para Blogger Traveler


Pernah nggak sih teman-teman ngebayangin lagi duduk di pesisir pantai sembari main laptop, menikmati deburan ombak dan indahnya matahari terbenam di ufuk barat. Bisa juga menyeruput teh hangat di pinggir sungai sembari laptop-an ditemani gemiricik aliran air dan alunan syahdu kicauan burung-burung. Wah itulah dambaan setiap blogger traveler dimana pun berada.  Namun sayangnya tidak semua blogger dapat melakukan hal tersebut. Terdapat beberapa alasan mengapa sebagian para blogger enggan membawa laptop mereka saat traveling. Mulai dari barangnya yang berat sehingga menambah beban bawaan para traveler dan juga ukurannya yang tebal dan lebar tentunya akan memenuhi space di tas backpaker kita. Barang yang lebih penting justru tidak muat di tas kita.

            Eitts.. tenang teman-teman, nggak usah mengeluh lagi. Kini ASUS telah mendengar semua  keluhan teman-teman blogger. Dengan terobosan yang dilakukan ASUS kali ini teman-teman bisa traveling kemanapun dengan laptop kesayangan.  Tepat pada tanggal 17 Januari 2019 ASUS  memperkenalkan seri ZenBook terbarunya nih yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15. Wah.. udah pada penasaran kan dengan ketiga ZenBook ini. Tidak hanya Ultrabook premium yang menggunakan desain frameless NanoEdge Display sehingga mampu menghadirkan bezel ultra tipis tetapi juga dengan screen-to-body ratio-nya yang mencapai 92% mampu membuat tiga ultrabook ini mengalami pengalaman visual yang tanpa batas. Dengan NanoEdge Display membuat ketiga laptop ini menjadi lebih ringkas dan bahkan laptop paling tipis diantara laptop sekelasnya.  Dengan kelebihan-kelebihan tersebut teman-teman pun bisa membawa laptop ini kemanapun saat traveling.

            Teman-teman tau nggak sih untuk ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 itu telah hadir dengan numpad virtual yang bisa diaktifkan melalui tombol khusus loh. Yap ketika tombol ditekan, numpad akan muncul di touchpad dengan menggunakan LED Khusus dan menggantikan fungsinya. Lebih istimewanya lagi semua model ZenBook terbaru ini juga  sudah dilengkapi dengan kamera infra-merah yang terintegrasi dengan sistem face login menggunakan Windows Hello. Wah keren banget kan.. yuk nabung dari sekarang buat beli laptop ini hehehe. Mau traveling kemanapun akan tetap nyaman kok bareng laptop kesayangan tentunya.

            Zenbook secara umum memiliki ciri khas pada kombinasi performa dan mobilitas, tentunya di seri kali ini juga masih sama kok. Ditambah lagi dengan ZenBook terbaru ini telah ditenagai oleh Procesor Intel Cor generasi ke-8 yang hemat sekaligus memberikan performa yang ekstra maksimal. Tidak hanya itu saja ultrabook ini juga dilengkapi dengan chip grafis dari NVIDIA loh sehingga dapat menggunakan penyimpanan M.2 NVMe PCIe SSD yang sangat cepat.

Tipis? Hmm.. kalo tipis gitu jelek dong tampilan laptopnya terus kalo dibawa kemana-mana ntar takutnya mudah rusak ditengah jalan. Waduh gimana dong?. OK, Mari kita buktikan guys, teman-teman nggak perlu khawatir lagi karena tampilan laptop ini sangat elegan dan juga memiliki bodi yang kokoh. Melalui beberapa tes uji yang dilakukan mulai dari ketinggian, uji suhu dan kelembapan, hingga uji banting dan getaran. Hasil tes tersebut pun telah di sertifikasi standar militer MIL-STD-810G.  Karena laptopnya yang lebih ringkas akibat penggunaan teknologi NanoEdge Display laptop ini pun menjadi standar baru untuk ultracompact dan ultralight laptop. Teknologi yang dapat menghadirkan  desain frameless dengan bezel yang sangat tipis di keempat layar. Masih ragu lagi? yuk cobain aja beli langsung pasti nggak bakal nyesel.

Dengan menggunakan resolusi tinggi berasal dari teknolgi NanoEdge Display akan menjadikan ZenBook kali ini mengalami pengalaman visual yang lebih Immersive dengan distraksi visual lebih minim. Dengan spesifikasi tersebut sangat cocok banget bagi teman-teman yang bergelut dalam bidang kreatifitas dan hiburan. Sama dengan desain sebelumnya dengan tampilan bodi yang elegan kini dengan seri ZenBook terbaru menggunakan konsep Zen dengan spun-metal finish dibagian belakang layarnya. Dua pilihan warna juga telah disediakan, yaitu Royal Blue dan Icicle Silver. Kesan mewah dan premium akan teman-teman nikmati dari Royal Blue sedangkan Icicle Silver hadir dengan nuansa unik dan Elegan. Pilihan warna Burgundy Red juga akan hadir pada ZenBook 13 UX333FN.

Karena ukuran laptop yang ringkas dan tipis maka untuk numpad fisik tidak bisa dihadirkan dalam laptop tersebut. Maka dari itu ASUS hadir dengan lebih canggih lagi yaitu menambahkan fitur ekslusif ASUS NumberPad pada ZenBook 13 dan 14 sebagai perangkat penunjang produktivitas on-the-go. Dengan menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul pada lampu LED yang sudah terintegrasi dengan touchpad. Canggih banget kan teman-teman? NumberPad ini juga berfungsi untuk memasukkan data ataupun bisa juga perhitungan lewat aplikasi kalkulator. Kok cuman ZenBook 13 dan 14, untuk ZenBook 15 gimana dong? Karena dimensi laptop yang cukup besar maka tetap menggunakan numpad Fisik karena mampu menampung tombol tersebut.

Nggak kayak laptop lainnya yang menggunakan kamera dibawah layar agar laptop terlihat lebih tipis, tetapi kamera di ZenBook ini tetap hadir diatas layar sehingga menghasilkan hasil foto yang maksimal. Kamera disemua seri ZenBook ini hadir dengan 3D infrared (IR) yang mampu memindai wajah teman-teman sekalian walaupun dalam keadaan gelap sekalipun. Dengan kamera canggih ini teman-teman juga bisa melakukan pemindaian wajah untuk login ke dalam Windows Hello dengan sangat cepat. Laptop ini sangat diperuntukan bagi pekerja mobile maka dari itu ZenBook ini juga telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang sangat baik. Untuk itulah seri ZenBook terbaru kali ini tetap tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga penggunaannya tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan. ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C Untuk perangkat modern yang memiliki kecepatan transfer data hingga10 Gbps. Terdapat juga beberapa tambahan lainnya seperti port HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu MicroSD pada seri ZenBook terbaru kali ini.

Sebagai priotitas utama ASUS yaitu kenyamanan utama dalam penggunaaan ZenBook. Fitur Ergolift Design hadir mengangkat bodi laptop dan membentuk sudut 3 derajat ketika digunakan. Dengan fitur tersebut akan memudahkan pengguna dalam mengetik dan meningkatkan performa audio dan pendinginan. Seri ZenBook terbaru hadir dengan performa terbaik bagi pengguna on-the-go dimanapun berada. Lini laptop terbaru ASUS ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 serta didukung oleh GPU NVIDIA GeForce untuk performa komputasi dan grafis terbaik di kelasnya. Untuk ZenBook 13 dan 14 tersedia opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 dan untuk ZenBook 15 ditenagai dengan GPU yang ekstra kencang yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q.

Dengan kapasitas RAM yang mencapai 16 GB dan juga semua model terbaru ZenBook juga telah menggunakan NVMe PCIe SSD berperforma tinggi dengan kapasitas hingga 512 GB.  Dengan spesifikasi yang sedemikian rupa membuat ZenBook seri terbaru ini sangat pas buat kegiatan sehari-hari mau di tempat kerjaan, nongkrong, nugas, ngeblog, hiburan  sampai main game sekalipun akan sangat cocok. Wah keren banget kan. Laptop ini didesain agar bisa menemani segala aktivitas teman-teman, maka dari itu semua model ZenBook telah dilengkapi dengan dengan gigabit-class WiFi serta ASUS WiFi Master Technology. Hal tersebut akan membuat koneksi jaringan tetap stabil. Ditambah lagi dengan adanya Bluetooth 5.0 dapat menghubungan ZenBook terhadap berbagai perangkat terkini.

Ngeliat kualitas laptop dan spesifikasinya yang sedemikan rupa, terus gimana dong dengan ketahanan baterainya? Yaps.. pertanyaan yang paling sering ditanyakan ketika teman-teman mau beli laptop yaitu soal ketahanan baterai. Seri ZenBook ini memiliki ketahanan baterai yang mampu mencapai hingga 14 Jam untuk ZenBook 13 dan 14 serta 16 jam untuk seri ZenBook 15. Teman-teman pun bisa puas seharian main laptop dengan ketahanan baterai yang sedemikian rupa tersebut. Dengan ZenBook yang telah  bersertifikasi Military Grade yaitu Military Grade MIL-STD-810G membuktikan ketangguhan ZenBook tersebut. Seri ZenBook ini menjadi bukti bahwa laptop ini memiliki durabilitas yang tinggi. Tidak hanya lolos pada tahap uji internal laptop. ZenBook ini juga telah lolos pada tes uji yang lebih Ekstrem lagi seperti pengujian pada ketinggian dan kelembapan ekstrem. ZenBook merupakan laptop ultra-tangguh sekaligus ultra-portabel yang tepat untuk para profesional on-the-go. Berikut merupakan Spesifikasi dari ketiga ZenBook tersebut.

Demikianlah teman-teman ulasan saya mengenai ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15. Ribet berpergian karena bawa laptop yang besar dan berat. Ketiga ZenBook ini hadir untuk teman-teman sekalian supaya berpergian pun nyaman dengan laptop kesayangan. Tidak hanya laptopnya yang menjadi laptop teringkas pada jenis sekelasnya tetapi laptop ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas-fasilitas lainnya yang mampu menunjang semua pekerjaan teman-temann sehingga dapat lebih maksimal. Semoga bermanfaat ya.


Share:

4 komentar:

  1. Balasan
    1. sama-sama kak, mohon maaf kak kalau tulisannya masih jauh dari harapan. hehehe.. Tulisan ini juga saya lakukan untuk melatih saya juga dalam dunia kepenulisan. terima kasih kak sudah berkunjung..

      Hapus
  2. Wah mantab ni laptop, kelas high end ya.....???nyampling(.)com

    BalasHapus