Tangan Raksasa di Hutan Pinus Pengger Yogyakarta


Hutan Pinus Pengger

Yogyakarta memang terkenal dengan destinasi wisatanya oleh wisatawan di Indonesia bahkan mancanegara, seperti yang sudah terkenal adalah wisata budaya Candi Borobudur dan Prambanan sampai Jalan Malioboro yang kental dengan unsur budaya. Yogayakarta juga masyhur dengan sebutan sebagai kota pendidikan karena banyak instansi-instansi pendidikan yang terdapat kota ini. Sesuai namanya Daerah Istimewa Yogyakarta memang daerah yang istemewa untuk dikunjungi para wisatawan. Tidak hanya beberapa sederet nama wisata diatas, teman-teman juga bisa mengunjungi wisata alam lainnya yang cukup terken. Daerah Bantul memiliki sebuah Hutan Pohon Pinus yang indah untuk dikunjungi. Walaupun ada hutan Pinus lainnya seperti Hutan Pinus Mangunan yang sudah cukup terkenal tetapi di Bantul juga ada yang namanya Hutan Pinus Pengger. Tak kalah menarik dengan Pinus Mangunan, Hutan Pinus ini juga punya keunikan tersendiri daripada hutan-hutan pinus lainnya.

            Sesuai namanya Hutan Pinus Pengger adalah destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alam Pinusnya. Hutan Pinus yang dahulu sepi dan gelap kini telah disulap menjadi tempat wisata yang indah. Tindak hanya suasananya yang sejuk dan asri, hutan ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah seperti latar pegunungan yang hijau. Tidak hanya itu saja banyak reflika-reflika buatan yang terbuat dari kayu Pinus menambah keindahan hutan alam pinus ini. Mulai dari Ayunan, Rumah Pohon hingga bentuk tangan raksasa. Kami pun tak bisa melewatkan untuk berfoto. Sebenarnya foto dengan latar belakang pepohonan pinus saja sudah bisa menghasilkan foto yang bagus. Namun, jika ditambah lagi dengan reflika yang ada justru akan menambah hasil foto yang lebih ciamik tentunya.

            Wisata Alam Hutan Pinus Pengger ini terletak di  Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Untuk harga tiket masuk teman-teman hanya cukup membayar senilai Rp.2.500,- per-orang. Kemudian teman-teman akan membayar biaya parkir kendaraan yaitu Rp.2000,- jika mengendarai motor, Rp.5000,- jika membawa kendaraan mobil dan membayar Rp.20.000,- untuk bis. Teman-teman juga bisa membayar seikhlasnya sebagai biaya pemberdayaan destinasi wisata dengan kotak yang disediakan disetiap spot foto yang ada. Yap, dengan membayar sejumlah tersebut teman-teman sudah bisa keliling dan eksplor keindahan hutan Pinus Tersebut. Wisata Alam hutan Pinus Pengger ini buka mulai jam 05.30 sampai 00.00 WIB.
Yogyakarta
Reflika Tangan Raksasa
            Banyak spot photo favorit yang ada di hutan Pinus Pengger ini, mulai dari latar utamanya di Hutan Pinus kemudian reflika lainnya. Menurut saya ketika berkunjung ke tempat ini, spot foto yang paling banyak diminati adalah reflika tangan raksasa. Sebuah reflika tangan yang besar dan dibuat dari akar-akar pinus sehingga membentuk tangan kemudian berlatarkan pegunungan seolah-olah kita sedang berada diatas udara. Berbeda dengan spot foto lainnya, jika kita ingin berfoto di reflika tangan raksasa ini kita harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu karena banyaknya wisatawan yang mengantri hanya untuk berfoto di spot foto favorit ini. Walaupun begitu spot-spot foto yang lain juga nggak kalah bagus kok. Disamping itu juga, Hutan Pinus ini juga cocok dikunjungi di malam hari, karena di setiap spot foto telah disediakan lampu-lampu sehingga kita tak perlu takut gelap malah justru menghasilkan hasil foto yang lebih bagus.

            Wisata Alam Hutan Pinus ini terbilang cukup luas, jadi jika teman-teman ingin ke toilet kita bisa menggunakan toilet masjid yang ada didepan pintu masuk, banyak juga para pedagang jajanan-jajanan yang berjualan di pintu masuk Hutan Pinus Pengger. Hutan pinus ini juga menyediakan tempat untuk pertemuan atau juga panggung sederhana jika ingin mengadakan acara. Setelah merasa cukup berkeliling disekitar Hutan Pinus Pengger ini, kami pun memutuskan untuk pergi ke wisata selanjutnya. Oh iya di Malang juga ada wisata alam hutan pinus loh, salah satunya adalah Wisata Hutan Pinus Malang

            Nah Demikianlah pengalaman saya ketika mengunjungi Wisata Alam Hutan Pinus Pengger ini. Tidak hanya tempatnya yang asri dan indah, hutan ini juga memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable. Jangan lupa daya baterai Cameranya diisi terlebih dahulu ya supaya bisa puas berfoto-foto di hutan Pinus Pengger ini. hehehe Happy Traveling Guys...


Share:

3 komentar:

  1. aku pernah datang ke hutan pinus ini. datangnya pas dah lewat maghrib sih jadi pas datang harus ambil nomor antrian buat bisa foto di beberapa spot termasuk di atas tangan ini. tapi ya ampun masa katanya baru bisa diambil fotonya kalo dah 3 jam an gitu. ya sudah aku batal foto2 nya karena pingin siap2 pulang ke jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuh.. iyakah kak.. lama sekali nunggunya berarti, saya juga gitu kak menjelang sore itu.. tapi ya syukur juga bisa foto disini.. semoga lain waktu juga bisa foto di sana kak ya.. hehehe

      Hapus
  2. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus