Cara Mudah Agar Blog Kita Terindeks Google, Bing dan Yahoo

Halo guys, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara agar dapat mengetahui bahwa blog kita sudah terindeks Google, Bing dan Yahoo. Hal yang saya bagikan ini hanyalah beberapa hal mendasar yang harus kita pahami. Kemudian ketika kita sudah mengetahui dasar-dasarnya, temen-temen bisa eksplor lebih dalam lagi supaya optimasi SEO yang lebih baik. Ok langsung saja menuju ke inti pembahasan yaa. Cekidooot!



Optimasi SEO di Google dengan menggunakan Google Search Console

Silahkan buka www.blogger.com. Kemudian pilih Setelan>Preferensi Penelusuran>Google Search Console>Edit.



Kemudian teman-teman akan ditampilkan dengan format Google Search Console dengan format lama, silahkan klik Tampilan Google Search Console Baru agar dapat menghasilkan format yang lebih relevan.


Silahkan tambahkan properti baru dengan memasukan link blog teman-teman sekalian.


Kemudian silahkan klik Inspeksi URL dan masukan link postingan teman-teman untuk mengetahui apakah postingan tersebut telah terindeks Google atau belum.






Secara umum Google Search Console juga berfungsi untuk mengetahui bagaimana kinerja blog teman-teman dalam jarak waktu tertentu. Teman-teman juga bisa mengetahui hal apa yang sering dikunjungi di blog atau ada beberapa kerusakan atau eror yang mengakibatkan blog teman-teman sekalian tidak terindeks di Google. Selamat mencoba!.

Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster

Bing Webmaster adalah media seperti Google Search Console supaya blog kita dapat terindeks di Bing atau pun Yahoo. Kini Yahoo telah digandeng oleh Bing sebagai search engine-nya, jadi ketika teman-teman telah mendaftarkan blog ke Bing Webmaster maka blog yang didaftarkan secara otomatis juga terindeks di Bing ataupun Yahoo. Lalu bagaimana cara agar blog kita bisa terindeks oleh Bing dan yahoo? Perhatikan hal-hal berikut ini ya guys.

Buka www.bing.com lalu ketik Bing Webmaster di mesin pencarian.


Silahkan Sign Up terlebih dahulu menggunakan pilihan Microsoft, kemudian isi beberapa data yang  nantinya akan menjadi sebagai akun teman-teman.

Jika sudah, silahkan masukan alamat blog dan link sitemap ya. Linknya bisa sesuaikan dengan yang di gambar.


Kemudian teman-teman akan diminta untuk mengisi beberapa identitas blog agar bisa diidentifikasi oleh Bing Webmaster.

Kemudian teman-teman akan diminta untuk memverifikasi blog di webmaster dengan mengopy kode yang diminta di blog teman-teman.

Jika sudah terverifikasi maka akan muncul tampilan berikut ini.


Nah, bagi kamu yang sudah berhasil mendaftarkan blogmu pada mesin pencari atau search engine di atas, otomatis blogmu pun sudah terindeks oleh Google, Bing dan Yahoo. Lalu, apakah dengan mendaftarkan blog pada mesin pencari di atas, lantas blog kita sudah bisa bertengger pada halaman pertama Google? Hal tersebut sebenarnya adalah proses selangkah lebih dekat dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh mesin pencari tersebut. Nah, ada beberapa hal lainnya yang dapat kamu ketahui seperti Google Analityc, Google News, Speed Insight dan lain-lain. 

Lalu Bagaimana agar Blog Kita Bisa Menjadi Pageone?

Untuk menjawab hal ini saya pun masih harus banyak-banyak belajar lagi, karena blog saya sendiri mungkin baru sebagian kecil yang bisa bertengger pada halaman pertama Google. Itu pun karena postingan saya yang berada pada page one itu masih belum memiliki daya saing yang tinggi dengan blog lainnya, alias artikel dengan tema baru dan unik, sehingga dapat menempati pada page one Google. Nah, bagi kamu yang ingin agar blogmu berada pada halaman pertama gGogle, mungkin bisa menggunakan cara di atas ya, yaitu membuat artikel yang unik dan baru sehingga blog kita bisa menempati page one Google. Kalau dengan kata kunci mainstream bagaimana caranya agar bisa berada di page one Google? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cara Agar Blog Kita Berada di Halaman Pertama Pencarian Google

Saya akan menjelaskan ulang melalui beberapa penjelasan para mastah dan suhu yang saya kenal agar blog mereka bisa berada di page one pencarian. Nah, bagi kamu yang punya cara lainnya bisa juga memberi komentar di postingan ini ya.

1. Mengetahui dasar-dasar SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazion, Jika kita mengetahui dasar-dasar SEO ini, kita pun tentunya akan dengan mudah dapat membuat artikel blog dengan posisi di halaman pertama pencarian. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah seperti menggunakan jasa backlink dofollow di blog lainnya, menghapus broken link pada blog kita, pengaruh DA PA, pengaruh text anchor, gambar dan beberapa faktor lainnya. Untuk hal ini kamu bisa baca di blog yang khusus menjelaskan tentang SEO ya.

2. Faktor Keyword dan Kekuatan Artikel yang Berkualitas
Dari beberapa orang yang saya tanyakan, bagaimana sih biar blog kita bisa menjadi page one Google? Sebagian dari mereka menjawab dengan santai “Yaudah nulis aja dengan sepnuh hati, sedetail mungkin dan berdasarkan pengalaman sendiri, masalah page one itu urusan belakangan dan bonus dari Google”. Memang urusan seperti ini juga sulit diketahui secara mendasar. Namun, saya dapat menyimpulkan dengan membuat artikel berkualitas yaitu berdasarkan beberapa hal seperti memahami keyword yang paling dicari di Google, hal tersebut bisa kita lihat melalui Google Trend, kemudian susun keywordnya dalam judul, awal paragraf pertama, tiap subjudul, dan paragraf akhir. Selanjutnya buatlah artikel dengan pengalaman sendiri dan sedetail mungkin, melalui informasi yang mendetail otomatis informasi tersebut akan sangat dicari orang lain sehingga Google pun dengan senang hati menempatkan artikel itu pada halaman pertamanya. Terlepas dari itu banyaklah berdoa supaya artikelnya bisa pageone ya, hehehe.

Nggak Mau Ribet dengan SEO dan Page one, Nih Solusinya.

Bagi kamu yang sedang butuh artikel dengan SEO Friendly dan berkeingina agar blogmu bisa menempati posisi halaman pertama pada mesin pencari Google. Sebenarnya ada banyak platform atau website-website tertentu yang menyediakan jasa penulisan artikel SEO. Sehingga kamu tidak perlu bersusah payah untuk belajar SEO lagi. Website yang saya tahu salah satunya adalah https://www.undercover.co.id , website tersebut merupakan sebuah platform yang bergerak di bidang penulisan artikel dan yang berhubungan dengan optimasi SEO yang tentunya akan membantu blogmu atau membuatkanmu artikel yang SEO frienfly. Kamu juga dapat melihat contoh-contoh artikel atau pedoman artikel yang mereka lakukan dalam menulis artikel SEO yaitu di https://www.undercover.co.id/seo, Nah, sekarang bisa lebih mudah kan, sehingga kita nggak perlu repot lagi nih buat belajar mengoptimasi blog kita agar menjadi page one. 

Demikanlah postingan saya mengenai bagaimana agar blog kita bisa terindeks Google, Bing dan Yahoo dengan mudah. Sebenarnya adanya media blog diatas supaya kita bisa menganalisa dan mengidentifikasi blog kita lebih lanjut untuk  mengetahui bagaimana para pengunjung dapat mengetahui blog kita. Ulasan yang diberikan diatas adalah hal mendasar yang bisa untuk dipahami selebihnya teman-teman bisa melakukan eksplorasi yang lebih mendalam agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat ya guys.

You Might Also Like

10 Comments

  1. Aq dapat artikel ini dari daftar baca di blog, padahal beberapa jam sebelumnya aq cari artikel mengapa postingan blog saya tidak ada di pencarian google.
    Terimakasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, diatass adalah cara agar blog kita bisa terindeks di Google, tetapi kalo ingin membuat blog kita di page one pencarian, itu musti pinter-pinter SEO gam.. semoga bermanfaat!

      Hapus
  2. Wuih, ngebantu banget mr. Makasih infonya

    BalasHapus
  3. Eh, saya kok malah jarang ya submit di Bing. Padahal bikin akun juga di sana. Kalau Google Console sih selalu update.
    Btw, terimakasih artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya coba aja gan,, walaupun bing tidak seramai Google, tapi apa salahnya? setidaknya bisa nambah2 viewers blog kita hehe

      Hapus
  4. makasih udah di share trik nya hu!
    *jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    BalasHapus

Top Categories