Jelajah Alam di Budug Asu Malang




Banyak pilihan tempat untuk berwisata alam di Kota Malang. Salah satunya adalah destinasi wisata yang akan dijelaskan satu ini, Budug Asu. Tempat ini cukup terkenal bagi wisatawan Malang dan sekitarnya. Dinamakan Budug Asu karena di area pendakian menuju Budug Asu ini banyak anjing yang dilepas begitu saja menemani para petani ladang. Eits.. tapi tenang kok anjing-anjing disitu tidak akan mengganggu para pendaki lain karena track yang dilalui memang sering digunakan wisatawan untuk mendaki. Jadi anjing-anjing disana sudah terbiasa akan  kehadiran orang-orang baru disekitar ladang perkebunan majikan mereka. Budug Asu adalah destinasi alam yang sangat indah untuk menyaksikan sunrise secara langsung. Karena tepat diarah timur tempat para pendaki biasanya camping terdapat hamparan luas ladang pertanian sehingga membuat matahari dengan indahnya terbit di ufuk timur.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
S U N R I S E  D I  B U D U G  A S U
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

            Wisata alam Budug Asu ini terletak di Lawang, Malang. Bagi teman-teman yang berangkat dari kota Malang akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk menuju tempat ini. Destinasi Budug Asu ini dimulai dari wisata alam Kebun Teh Wonosari, Bagi yang ingin tahu tentang kebun teh Wonosari dapat dibaca di Serunya berwisata Alam ke Kebun Teh Wonosari Malang. Jadi sebelum berangkat ke Budug Asu kita terlebih dahulu menaruh alat kendaraan kita di Kebun Teh Wonosari sekaligus menjadi titik awal pendakian menuju Budug Asu. Destinasi Alam Budug Asu sebenarnya bukanlah Peegunungan yang biasanya seperti Gunung Arjuno, Butak dan lain-lain. Dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl dan letaknya yang berada di lereng Gunung Arjuno dikenal hanya sebatas perbukitan yang cukup terkenal dikalangan wisatawan lokal. Biaya tiket masuk menuju Budug Asu adalah Rp.15000 perorang dan biaya parkir kendaraan senilai Rp.5000 permotor. Selanjutnya teman-teman pun bisa mulai pendakian menuju Budug Asu.


            Terdapat 4 pos yang harus dilalui sebelum mencapai destinasi tujuan utama. Pada pos 1 teman-teman akan melihat banyak hamparan perkebunan teh yang menyejukan mata. Kemudian di pos 2 menuju pos 3 teman-teman akan disuguhkan pemandangan alam hutan pinus dan kopi di sekitar track pendakian. Nah disini banyak para pekebun yang sedang bekerja didampingi oleh anjing-anjing mereka. Pos 3 sampai akhir terdapat hutan rindang yang akan menemani hingga akhir tujuan. Waktu normal untuk mendaki dari titik awal sampai puncak akan menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Bagi teman-teman yang tidak kuat, bisa juga menyewa motor trail ataupun mobil Jeep. Medan jalannya tidak terlalu sulit, hanya ada beberapa jalan yang menanjak dan selebihnya jalanan landai.


            Banyak para pendaki yang mendirikan tenda di Budug Asu ini hanya agar dapat melihat indahnya Sunrise di sini. Tidak hanya itu saja pemandangan indah itupun ditambah lagi dengan gagahnya gunung Arjuno berada di tepi barat Budug Asu. Banyak spot foto menarik dan ikonik di Budug Asu ini. Sehingga tak perlu khawatir untuk teman-teman yang ingin mengoleksi foto-foto ciamik di destinasi Tersebut. Ok. Mungkin sekian dulu ya ulasan mengenai Budug Asu ini. Melihat  track jalannya yang tak sesulit track pendakian yang lain. Budug Asu ini sangat cocok bagi para wisatawan yang baru pertama kali melakukan pendakian dan jangan lupa untuk tetap menjaga alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusaknya ya. Salam pecinta alam.



You Might Also Like

2 Comments

Top Categories