Keliling Indonesia Naik Alat Tranportasi, SiapaTakut!

Peradaban Transportasi dari Masa ke Masa

Halo smart people, berbicara soal sejarah alat transportasi tentu memiliki kisah yang sangat panjang, tetapi tahu nggak? kalau pada abad 19 atau pada era industrialisasi, pengembangan alat transportasi menjadi titik awal berkembang pesatnya alat transportasi di dunia. Berbagai macam alat transportasi diciptakan mulai dari kendaraan darat, udara dan laut sehingga terus bermunculan inovasi-inovasi terbaru dan berevolusi menjadi semakin canggih dan modern. Mulai dari alat transportasi yang menggunakan tenaga manusia, hewan, mesin uap, bahan bakar hingga menggunakan teknologi nuklir. Ingatkah teman-teman dengan Blaise Pascal, Cornelis Drebbel, Leonardo Da Vinci, Henry Ford dan sederetan nama-nama ilmuwan yang merupakan tokoh penentu cikal-bakal lahirnya alat-alat transportasi modern di dunia hingga Orville dan Wilbur Wright yang pada tanggal 17 Desember 1903, dua bersaudara ini berhasil melakukan penerbangan pertamanya dan membuat industri transportasi udara berkembang pesat hingga saat ini. Kita tidak bisa memungkiri alat transportasi sangat penting bagi kehidupan manusia. Membuat gerak langkah menjadi lebih cepat, mempersingkat waktu dan menghemat tenaga. Jadi, ketika yang dahulu berpergian ke luar daerah dapat menghabiskan waktu beberapa hari, tetapi saat ini kita hanya membutuhkan beberapa jam saja agar dapat sampai ke tempat tujuan.



Arti Transportasi bagi Negara Indonesia

Indonesia disebut sebagai negara maritim dengan laut terluas di dunia. Negara maritim adalah negara yang terdiri dari pulau-pulau dan memiliki kawasan perairan yang lebih luas daripada daratan. Indonesia juga merupakan negara kepulauan yaitu negara yang terdiri dari banyaknya pulau-pulau di Indonesia. Sejarah mencatat hingga saat ini Indonesia memiliki 17.509 pulau yang termasuk ke dalam kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia, 16.056  pulau di antaranya telah dibakukan namanya di PBB pada tahun 2017. Melalui data tersebut menjelaskan bahwa alat-alat transportasi menjadi suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia agar dapat terhubung dari suatu wilayah ke wilayah lainnya, atau dari suatu pulau ke pulau lainnya baik menggunakan alat transportasi darat, laut dan udara.


Transportasi sebagai Sumber Mata Pencarian Masyarakat

Di sisi lain, alat transportasi juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat. Contohnya adalah Bapak saya sendiri. Bapak saya adalah seorang pekerja yang bergerak dalam bidang jasa driver di pulau Bali, maka tak jarang Bapak saya biasa mengantarkan tamu atau wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Alat transportasi menjadi hal yang penting dalam sumber pencarian orang tua saya, Beliau sering mengantar tamu atau wisatawan baik untuk berlibur ataupun urusan bisnis. Sebagai seorang driver tentu harus memiliki kemampuan mengemudi dan informasi lengkap tentang lokasi yang dituju. Melalui hal tersebut, adanya alat transportasi dapat juga dijadikan sebagai sarana pekerjaan sehingga dapat menghidupi keluarga kami hingga saat ini. Fenomena di atas adalah satu kisah dari ribuan manfaat alat transportasi yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Transportasi di Mata Para Traveler


Berada di Bandara Internasional Juanda Surabaya Sedang  Menanti Take Off Menuju Bandara Internasional Lombok
Seperti kata kebanyakan orang, "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Mungkin peribahasa tersebut bisa cukup merepresentasikan terhadap diri saya sendiri, Hehe. Walaupun saat ini belum adanya minat dengan namanya dunia transportasi yang ditekuni oleh Bapak saya, tetapi setidaknya saya adalah orang yang memiliki cita-cita agar suatu saat nanti dapat mengelilingi pulau-pulau yang ada di Indonesia, Amin (Tolong amin-kan juga ya teman-teman, hehe). Ya, berwisata atau berkeliling menjelajahi destinasi wisata di Indonesia adalah salah satu cita-cita saya saat ini, walaupun baru dapat tercapai sekitar 30% lah dari keseluruhan. Next time, semoga bisa bertambah lagi destinasinya, hehe. Perjalanan wisata yang saya lakukan pasti membutuhkan alat transportasi yang memadai agar dapat mengantarkan saya dari suatu pulau ke pulau lainnya.  Seperti yang tergambarkan dalam video dokumentasi perjalanan kami berikut ini.



Video di atas adalah cuplikan perjalanan kami ketika berangkat dari Kota Malang menuju Pulau Lombok. Kami memilih kereta api sebagai alat transportasi waktu itu. Waktu yang ditempuh adalah delapan jam perjalanan dari Stasiun Malang hingga mencapai Stasiun Banyuwangi Baru. Setelah itu, kami berjalan kaki sekitar 3 s.d. 5 menit saja hingga sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Kami tak sampai menunggu lama untuk menaiki kapal, selepas membeli tiket sudah ada kapal yang menanti kami dan berdatangan lagi kapal yang lainnya. Selama 45 menit perjalanan, kami akhirnya tiba di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Yeah! Welcome to Bali Island, ucap salah satu dari kami. No! Tujuan kita bukan Bali kawan, tapi Lombok!. Next, kami menaiki mobil ke tempat penginapan dan dilanjutkan besok pagi menuju Pelabuhan Padang Bai. Selama tiga jam lebih perjalanan kami hingga sampai di Pelabuhan dan langsung menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. What a beautiful moment! Sekitar empat jam berlayar akhirnya kami pun tiba di pulau Seribu Masjid itu, Lombok. Perjalanan kami tersebut membuktikan bahwa transportasi sangat penting bagi masyarakat Indonesia, Apalagi bagi para pelancong seperti kami.. Transportasi adalah penghubung kami menuju destinasi yang dinanti-nanti.

Transportasi sebagai Penguat Pariwisata Indonesia


Pariwisata adalah salah satu aspek terpenting dalam sektor perekonomian Indonesia. Demi mencapai tujuan-tujuannya dalam bidang pariwisata, pemerintah membuat upaya-upaya agar tercapainya tujuan tersebut yang tertuang dalam Undang Undang No. 10 Tahun 2009 Pasal 4 yaitu (1) meningkatkan pertumbuhan ekonomi,  (2) meningkatkan kesejahteraan rakyat, (3) menghapus kemiskinan,(4) mengatasi pengangguran, (5) melestarikan alam, (6) lingkungan dan sumber daya, (7) memajukan kebudayaan, (8) mengangkat citra bangsa, (9) memupuk rasa cinta tanah air, (10) memperkukuh jatidiri bangsa, serta (11) mempererat persahabatan antar bangsa. Melalui tujuan-tujuan tersebut diharapkan dapat memajukan aspek pariwisata di segala bidang terutama dalam akses transportasi.


Langkah yang dilakukan pemerintah dalam memajukan pariwisata di Indonesia adalah dengan menetapkan 10 destinasi utama sebagai wisata andalan Indonesia di kancah internasional. Destinasi wisata tersebut adalah:
(1) Danau Toba di Pulau Sumatera,
(2) Tanjung Melayang di Pulau Belitung,
(3) Kepulauan Seribu di Utara Jakarta,
(4) Tanjung Lesung,
(5) Candi Borobudur 
(6) Gunung Bromo yang terletak di Pulau Jawa,
(7) Mandalika di Pulau Lombok,
(8) Wakatobi di Pulau Sulawesi,
(9) Morotai di Maluku Utara,
(10) Labuan Bajo di Pulau Flores.

Sedangkan menurut data yang dikeluarkan, wisatawan mancanegara yang berlibur ke Indonesia didominasi oleh wisatawan yang berasal dari Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, Taiwan, Hongkong, Timur Tengah, Eropa dan Amerika. Melalui sejumlah data tersebut menunjukan peran transportasi di Indonesia sangat berpengaruh terhadap minat para wisatawan di seluruh dunia yang ingin berlibur ke Indonesia. Jika fasilitas transportasi bisa di lengkapi secara merata di seluruh Indonesia, Dengan demikian, target pencapaian wisatawan mancanegara dengan jumlah 20 juta jiwa bisa terlaksana dengan baik.

Pemesanan Tiket  Transportasi yang Cepat dan Mudah di Era Digital

Saat ini kita sedang berada di zaman Industri 4.O, atau masa yang biasa diperuntukan bagi kamu yang berasal dari Generasi Y, atau yang biasa disebut sebagai zamannya anak Milenial. Peran digital pun membuat segala sesuatu menjadi lebih instan hingga merambah ke bidang transportasi di Indonesia. Bagaimana tidak? Dahulunya yang kita harus membeli tiket secara manual dengan sistem pembayaran manual pula. Kini kita tidak perlu repot repot ke stasiun atau pun agen pembelian tiket untuk melakukan transaksi pemesanan dan pembayaran. Kita bisa melakukan transaksi tersebut lewat sentuhan jarimu di smartphone kesayangan. Iya, Sistem pemesanan dan pembayaran online baik untuk pembayaran pesawat, kereta, bus hingga kapal laut kini sudah bisa dipesan melalui smartphone. Apalagi, kini telah banyak bermunculan perusahaan-perusahaan startup karya anak bangsa yang memudahkan kita memesan tiket transportasi secara online. Tidak hanya itu saja kita juga bisa membayarnya secara online seperti adanya e-money atau perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran yang dapat  memfasilitasi segala macam pembayaran alat transportasi dengan cepat dan mudah.


Pemesanan Tiket Alat Transportasi secara Online Melalui Aplikasi Traveloka, Salah Satu Perusahaan Startup Unicorn Karya Anak Bangsa

Melalui inovasi-inovasi tersebut tentunya membantu para pengguna jasa transportasi khususnya wisatawan agar dapat membeli tiket transportasi dengan cepat dan mudah. Hal tersebut juga mengakibatkan bertambahnya minat masyarakat dalam memilih alat transportasi sebagai alat kendaraan berwisata di Indonesia. Sehingga mimpi pemerintah yang ingin menargetkan 20 juta wisatawan akan semakin terlaksana dengan nyata. Meskipun, masih perlu banyak hal yang harus benahi dan dikembangkan lagi, supaya alat transportasi bisa mencakup secara merata dan menjangkau keseluruhan destinasi wisata yang ada Indonesia, hal tersebut menjadi PR kita bersama karena melibatkan banyak faktor mulai dari infrastruktur jalan dan transportasi hingga sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidangnya.


Pembayaran Tiket Transportasi  yang Mudah dan Cepat Melalui Aplikasi E-Money Milik BUMN yaitu LinkAja.

Keliling Indonesia Pake Alat Transportasi Umum, SiapaTakut!


So, buat kamu para pengguna jasa transportasi atau wisatawan yang sedang berlibur di Indonesia. Yuk, manfaatkan alat transportasi sebagai kendaraan kita menuju destinasi tujuan. Letak geografis negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat alat transportasi menjadi kebutuhan yang penting bagi kita dalam bepergian menuju suatu daerah ke daerah lainnya. Di samping itu juga, berada di era digital ini, terdapat fitur-fitur pemesanan dan pembayaran tiket transportasi baru di era digital sehingga menjadikannya semakin cepat dan mudah dalam urusan pembelian tiket. Adanya fitur tersebut juga dapat memberi kenyamanan bagi para wisatawan yang ingin melancong ke Indonesia. Mari sama-sama dukung program pemerintah agar transportasi di Indonesia juga dapat memicu minat para wisatawan lokal maupun internasional untuk berlibur ke Negara Indonesia ini.

Yuk kunjungi official website Kemenhub di Kemenhub 

Follow Juga Akun Sosial Medianya 
Facebook : kemenhub151
Twitter : @kemenhub151
Instagram : @kemenhub151

Sumber :
www.bernas.id
www.dishub.jabarprov.go.id
www.scdc.binus.ac.id
www.wikipedia.org
www.wikibooks.org

You Might Also Like

10 Comments

  1. Kalau diingat-ingat, transportasidi tahun 2010-an sangat berbeda dg era sekarang ya...

    Tahun 2010 bang ojek masih mangkal. Pak Becak masih laris manis. Angkot apa lagi.

    Sekarang mah berubah total.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, tapi sket banyak yg sudah beralih juga mas ke tanah tersebut

      Hapus
  2. Semoga keinginannya untuk mengelilingi indonesia terwujud ya mas.. Jangan lupa dicatat impiannya :D

    BalasHapus
  3. Indonesia semakin maju aja ya moda transortasinya. Kita tinggal berusaha menikmati, bayarnya juga mudah dan cukup terjangkau. Ga usah naik kendaraan pribadi terus ya..toh naik kereta, bus, MRT dll kini nyaman banget, bersih dan pelayanannya pun baik dan ramah.

    BalasHapus
  4. selama fasilitas dan pelayanan baik, org2 suka kok naik kendaraan umum. apalagi kalau sesama pengguna mematuhi aturan. misalnya dilarang merokok dan semua org patuh gak merokok, insyaallah berada di area publik dg layanan publik terasa menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali mbak Tari, saya juga selama ini dalam menaiki kendaaraan umu mengenakan, walaupun pernah beberapa kali mengalami hal yang tidak mengenakan saya anggap sebagai pengalaman saja

      Hapus
  5. Alhamdulillah kita sebagai masyarakat umum, sekarang makin dimudahkan dalam hal transportasi baik dari penyediaan layanan maupun regulator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kendaraan umum juga bisa menjadi alternatif kita dalam mengurangi kemacetan terutama di kota-kota besar.

      Hapus

Top Categories