Beberapa Cara Mengatasi Penyebab Keringat Berlebih pada Tubuh


Akhir-akhir ini, saya sempat khawatir dengan kondisi cuaca yang tak menentu, kadang hujan tetapi juga panas. Alhasil, membuat beberapa rencana perjalanan saya dibatalkan. Namun, hal lainnya yang saya khawatirkan adalah pada saat berolahraga, tidak biasanya saya mengeluarkan keringat berlebih setelah berolahraga. Sempat khawatir apakah ada suatu penyakit yang menimpa diri ini. Sepulang olahraga, saya langsung buka browser dan baca-baca artikel seputar hal tersebut. Alhamdulillah, setelah saya membaca artikel tentang penyebab keringat berlebih ini, saya pun menyadari hal tersebut adalah hal yang wajar akibat faktor cuaca dan beberapa faktor lainnya. 

Penyebab Keringat Berlebih

Kota Malang, Kota Sejuk

Salah satu hal yang bikin saya betah di Kota Malang adalah hawanya yang sejuk, beda nih dengan rumah yang di Bali, kalo siang hari suhu cuaca bisa mencapai 30-an ke atas. Alhasil, saya pun sampai harus beberapa kali mandi sehari, hehehe. Kota Malang berhawa sejuk karena dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah letak geografisnya yang berada di sekitar pegunungan. Mulai dari Gunung Panderman, Arjuno, Butak, Penanggungan dan lain-lain. Sehingga suhu udaranya pun dapat dikatakan sejuk.  Bahkan, saya pun hampir jarang mengeluh tentang cuaca panas di Kota Malang. 

Taman Merjosari

Biasanya saya meluangkan waktu di akhir pekan dengan berolahraga, salah satunya adalah jogging. Saya biasanya jogging di Taman Merjosari Kota Malang atau bisa juga di Lapangan Rampal. Taman Merjosari memang selalu ramai, biasanya digunakan untuk berolahraga, atau rekreasi keluarga. Taman Merjosari juga biasanya menyediakan fitnes area, selesai jogging biasanya saya meluangkan waktu untuk fitnes di tempat tersebut. Di samping itu juga, saya biasanya menghabiskan waktu berolahraga di Lapangan Rampal. Cukup jauh memang dari tempat tinggal, tetapi Lapangan Rampal tempat yang sangat nyaman untuk jogging. Lapangannya yang luas, sehingga membuat rute jogging juga menjadi lebih panjang. Lapangan Rampal memang biasanya digunakan untuk berolahraga terdapat beberapa olahraga yang bisa kita lakukan di sekitar kawasan lapangan Rampal ini yaitu Sepak Bola, Bulu tangkis, Bola Voli, Renang, dan lain-lain. 

Lapangan Rampal Kota Malang

Kota Malang Akhir-Akhir ini ...

Memasuki musim pancaroba membuat cuaca di Kota Malang sedikit berbeda, pernah beberapa kali bersuhu tinggi bahkan pernah menembus suhu 33 derajat. Akhir-akhir ini juga kadang seperti itu, walaupun sempat beberapa kali turun hujan, dan beberapa kali cerah. Saya yang biasanya jarang berkeringat tiap harinya, saya pun juga pernah risih karena berkeringat pada saat asik-asiknya rebahan. Di samping itu juga, ketika berolahraga di akhir pekan saya juga berkeringat lebih tak seperti biasanya. Sempat khawatir dengan kondisi tersebut, tetapi ketika saya membaca beberapa artikel di internet, ternyata hal tersebut dikarenakan faktor cuaca panas yang berlebih sehingga intensitas keringat yang keluar dari tubuh kita juga semakin banyak. 


Berkeringat lebih non penyakit juga bisa berdampak kepada hal lainnya loh, yaitu bau badan. Memiliki keringat berlebih tentunya sangat berpengaruh kepada bau badan kita. Hal tersbut juga akan mempengaruhi orang sekitar kita. Misalnya saja, ketika berinteraksi dengan seseorang tentunya orang tersebut akan risih dan membuatnya tidak nyaman. Waktu SMA dulu, saya sering berkelana kemana-mana sehingga membuat keringat berlebih dan berefek bau badan. Orang yang pertama kali menyadari hal tersebut adalah ibu saya sendiri, hahaha. Beliau pun menyarankan saya untuk melakukan beberapa hal untuk mencegah bau badan tersebut. Beberapa hal yang saya lakukan adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi Daun Kemangi
Daun kemangi dipercaya dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap, biasanya saya suka membeli nasi lalapan yang tak lupa dengan daun kemanginya. Walaupun belum bisa secara rutin mengonsumsi daun kemangi, saya mencoba untuk setidaknya dua hari sekali mengonsumsi daun kemangi tersebut.

2. Mandi dan Menggunakan pakaian secara teratur
Hal yang harus dilakukan lainnya adalah mandi yang teratur, biasakan mandi setidaknya dua sampai tiga kali sehari. Dengan membersihkan tubuh kita, tentu akan mengurangi efek bau badan pada tubuh kita. Di samping itu, perhatikan pakaian yang kita kenakan setiap hari, jika dirasa sudah satu atau dua hari dipakai dengan sering beraktivitas maka segeralah berganti mengenakan pakaian yang baru dan bersih. Supaya tidak menyebabkan bau pada pakaian tersebut jika digunakan terlalu sering.

3. Menggunakan Deodorant
Salah satu langkah antisipatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan deodorant, adanya deodorant dapat membantu aktivitasmu menjadi lebih bersemangat dan percaya diri. Walaupun kita sudah mempraktekan dua langkah di atas, dengan menggunakan deodorant tentu akan membuat penampilan kita lebih percaya diri ketika bertemu ataupun berinteraksi dengan orang lain. Deodorant yang cocok untuk mengatasi hal tersebut adalah Rexona, Rexona telah mengandung deodorant antiperspirant yang mana hal tersebut bisa mengatasi bau badan dan keringat berlebih pada tubuhmu. Rexona juga dapat dibuat untuk pria maupun wanita, sehingga kamu bisa memilih produk rexona manapun yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Hal tersebut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau badan dan mengatasi keringat berlebih pada tubuh kita, jika teman-teman punya cara lainnya bisa dishare di kolom komentar ya. Jadi, nggak perlu takut lagi untuk berkeringat lebih akibat faktor cucaca ataupun berolahraga, karena terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut, sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Ingat ya guys! Tetap beraktivitas, tanpa takut berkeringat lebih dan bau yang tidak sedap. Jika kamu memiliki keluhan yang sama mengenai keringat berlebih dan bau badan, bisa gunakan cara di atas ya. Good luck!

You Might Also Like

46 Comments

  1. Wahhh iya nih saya sering sekali berkeringat entah penyebabnya karena apa, gak panas ga hujan tiba tiba aja berkeringat.. Apalagi di jogja ini cuacanya panas banget, walaupun udah olahraga juga malemnya tetep panas banget, padahal udah pake ase dan kipasan, dah mandi.. aneh banget si

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diperhatikan mas, apakah keringat berlebihnya karena panas atau karena penyakit. Supaya nanti bisa diperiksa kalau ada indikasi penyakit.

      Hapus
  2. Lalapan kemanggi enaknya pake pecel lele atau ayam..memang infonya bagus untuk bau badan.. dan sering2 mandi sama salin bju juga sudah dilakukan.. cuman deodorant aja yg ga pernah pake...masih seringan pake parfum untuk menghilangkan bau badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga itu mas, tapi alangkah bagusnya kalau memakai deodoran mas. hehe

      Hapus
  3. Makan daun kemangi itu udah gw coba dan beneran efeknya. Udah gitu nafas kita baunya enak.

    Tapi banyak orang yang gak suka makan daun kemangi. Padahal enak loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk saya orang yang dulunya juga ndak suka makan kemangi, tetapi karena tahu manfaatnya saya pun mencobanya. hehehe

      Hapus
  4. Klo sama org tersyg bau apapun trima aoa adanya hahha. Namun thanks bgt atas tips di artikel ini. Semoga bermanfaat utk kita semua

    BalasHapus
  5. Kalau keringat dingin akibat ketemu mantan, gimana ya cara mencegahnya?
    Suka begitu saya . .

    BalasHapus
  6. betul nih, karena cuaca panas banget bisa menimbulkan potensi bau badan. penting banget pake deodoran sih soalnya kalau BB tuh menyiksa buat orang lain, biasanya penderitanya gak sadar. tapi yang merasakannya baunya biasanya juga gak berani untuk bilang. apa kasih link ini aja ya? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk, bener banget mas, itu mungkin bisa jadi solusinya menyindiri secara halus. wkwkwk

      Hapus
  7. 1. Hari normal .. mandi 2 kali sehari, keramas per 2 hr
    2. Hari olahraga pastikan mandi setiap SEBELUM dan sehabis olahraga. Keramas dg sampo ringan setelah olahraga
    3. Habis mandi pakai deodoran dikit aja, kecuali mandi yang sore/malam sebelum tidur gak perlu pakai untuk istirahatkan ketiak
    4. NGGAK MEROKOK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp mas, andaikan ada fitur sematkan komentar kayak di Youtube, komen ini saya sematkan mas. hahaha

      Hapus
  8. Sebenarnya ada unsur genetik juga sih kaitannya orang mudah berkeringat atau ngga, kalo emang punya gen yang jarang keringetan abis lari-lari juga keliatannya biasa aja.

    BalasHapus
  9. Bener, sekarang ini panasnya luar biasa. Salah satu yang bisa dilakukan kalau sedang di rumah ya ganti baju. Jangan lupa, sebelumnya membersihkan area yang banyak menegeluarkan keringat

    BalasHapus
  10. Cara paling efektif sih menurutku pake parfum yang banyak, biasanya kulakuin kalau lupa mandi, hehe. Tapi beneran ya itu emang daun kemangi khasiatnya bisa ngilangin bau badan? Aku anti banget sama daun itu tapi banyak yang bilang bisa bikin harum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk.. iya mas.. cara ampuh biar gak ketahuan belom mandi namanya mas.. wkkwk

      Hapus
  11. Saya justru jarang sekali berkeringat, setelah olah raga pun keringat cepat sekali hilang. Kadang saya sampai harus menggunakan jaket sepanjang hari agar tubuh berkeringat 😁

    BalasHapus
  12. Saya justru jarang sekali berkeringat, setelah olah raga pun keringat cepat sekali hilang. Kadang saya sampai harus menggunakan jaket sepanjang hari agar tubuh berkeringat 😁

    BalasHapus
  13. Bali lagi puncaknya musim panas nih mas. Bentar lagi bakal hujan terus nih tiap hari di Desember. Hehehe. Aku sampai ganti baju sering, bahkan kadang mandi 3x sehari. Kekeke. Trims tipsnya.

    BalasHapus
  14. Pas banget ini tipsnya karena udara belakangan lagi terik banget bikin badan keringetan terus. Yang menarik untuk dicoba yang daun kemangi nih, sebagai orang Sunda, makan daun kemangi aja saya jarang mas. Maklum Sunda-sundaan, jadilah nggak terwarisi tuh hobi makan lalapannya dari orang tua saya. hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saya juga mulai belajar makan daun kemangi kalo lagi beli lalapan.

      Hapus
  15. Dulu keluarga kami menanam bluntas dan kemangi. Katanya sih bagus dikonsumsi u mencegah BB. Deodoran perlu juga tapi pilih² sih. Yg anti prespiran katanya engga bagus u jangka panjang, krn kan mencegah keluar keringat. CCMIW...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya justru yang anti perspirant itu bagus ya buat bau bdadan dan keringat berlebih?

      Hapus
  16. Cuaca super panas gini, mau tak mau jadi sering berkeringat dan panaaaas.... Jadi ingin sering-sering berendam di air. Saya punya pengalaman menarik terkait ini. Ternyata solusinya mandi yang super bersih dengan luluran dulu, dan tiap mandi harus dengan penggosok badan. Sensasi kepanasan saya agak jauh berkurang setelah itu.

    BalasHapus
  17. suka ga pede kalo BB, apalagi pas berkeringat. kalo badan berkeringat aku sih usahakan setelahnya langsung mandi dan ganti pakaian. dan memang dari dulu ga suka pake deodoran jadi agak susah kalo pas berkeringat jauh dari air.

    BalasHapus
  18. Bulan lalu saya pernah melewati kota malang saat pulang tugas di instansi pemerintahan. Saya akui bukan lagi sejuk tapi dinginnya pol..dengkul temen saya aja sampai ga kuat saat perjalanan pake motor. Karena medan di malang melewati gunung" berkelok gitu ya.. makanya dingin banget. Kalau dibandingkan cuaca di Jakarta seperti saat ini jauh banget.. di Jakarta kalau udah siang gini udaranya aja panas banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho, iya mas.. cuacanya sejuk, jadi udah terbiasa karena udah beberapa tahun di Malang

      Hapus
  19. Kalau banyak keringat, salah satu cara mengatasinya memang dengan memakai deodorant. Cuma ada yang bilang deodorant ini gak bagus,k menyumbat pori-pori makanya keringat sedikit keluar. Cuma fakta ilmiahnya saya belum tahu.

    Mungkin lebih baik mengonsumsi daun kemangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak pilihan yang bisa dicoba mas mau yang herbal atau hasil maksimal dengan deodoran

      Hapus
  20. waktu saya dengan gebetan dan para mantan saya bilang bau badan kamu itu baunya wangi.. loh aneh saya mikir kenapa gitu? katanya bau keringat campur susu.. lah pantas aja banyak cwe dekatin saya..

    terlepas itu benar atau gak makanya di Pontianak, kota Khatulistiwa sering panas jadi mudah keringat bagi saya dan baunya keringat saya pun yaa bau gitu sih gak ada makan kemangi cuman pake deodorant aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk gebetan dan beberapa para mantan ya mas.. asiap

      Hapus
  21. aku di surabaya dan cuacanya panas bgt, gampang bikin berkeringat, makanya pake deodorant dan mandi itu waajjiiibbbbbbbbbb

    BalasHapus
  22. Hehe aku malah suka males mandi kalau sedang berada di tempat dengan suhu yang panas. Berasa mubajir gitu, habis mandi malah tambah gerah *dasar aku. Tapi aku termasuk golongan orang yang mudah berkeringat sejak dulu. Beraktivitas fisik sedikit saja (misal jalan kaki satu kilometer, atau gendong ponakan) auto keringetan. Aku seriusan baru tahu kalau daun kemangi bisa mengurangi bau badan. Karena ku sukanya yang praktis langsung pake deodorant.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, saya dulu waktu di Bali juga gitu, serasa walaupun udah mandi tetep gak ngetren ke kita, tetep aja keringatan, hehehe

      Hapus
  23. Ada lagi nih mas, buat jaga-jaga. Keringet bau itu juga pertanda racun di dalam tubuh. Berarti sangat mungkin pola makannya nggak bagus. Perlu diperbaiki. Ganti yang sehat.

    BalasHapus
  24. Konsumsi daun kemangi aja, murah. Hahaha. Emang kalau abis berkeringat terus deket sama orang gitu kek ada rasa enggak pede. Takut tercium bau keteknya.

    BalasHapus
  25. Jsdi, bagi yang suka berkeringat lebih, sebaiknya kudu peka ya, biar gak "ngeracunin" orang sekitar. Kemana mana kudu bawa ganti keknya.

    BalasHapus
  26. makasih tipsnya mas. :D
    aku cara mengatasi keringat berlebih itu cuma dikeringkan doang sama kipas, atau menghirup udara segar diluar.

    BalasHapus

Top Categories