Rinso: Solusi Pembersih Noda di Sofa dan Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Pakaian

Akhir-akhir ini saya cukup kewalahan menangani kehadiran si kecil di rumah. Yah, namanya juga anak-anak ya, kita tentu tidak boleh membatasi ruang gerak kreativitas mereka. Pada saat mereka bermain merupakan salah satu bagian dari proses pertumbuhan anak-anak supaya menjadi lebih kreatif. Tentunya, pada saat mereka bermain masih dalam pengawasan orang tua ya. Minggu lalu keponakan si kecil tidak sengaja menjatuhkan kuenya di sofa, alhasil kue itu pun mengotori sofa dan baju si kecil. Lagi-lagi, namanya juga anak-anak kita harus pinter-pinter bersabar menghadapi tingkah laku si kecil. Keesokan harinya, saya sempat bingung bagaimana cara membersihkan sofa ini ya, kue yang terjatuh mengotori banyak tempat di sofa tersebut. Noda selai yang menempel pada baju si kecil juga tak mau hilang. Sempat berpikir untuk membawa ke tukang laundry saja supaya nanti tinggal terima beres. Eh, ada teman yang mengabari bahwa sekarang kita nggak perlu repot-repot pergi ke tukang laundry loh. Cukup dengan Rinso deterjen saja kamu sudah bisa membersihkan noda kotor tersebut. Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa tips tentang membersihkan noda di sofa dan cara menghilangkan noda luntur pada pakaian. Yuk simak lebih lanjut ulasan saya berikut ini ya.

Noda Kotor pada Sofa

Sofa adalah salah satu benda yang penting di rumah kita. Hampir sebagian waktu bersantai, kita habiskan di sofa tercinta. Mulai dari minum kopi sembari membaca koran, nonton tv, bertemu tamu, ataupun hanya sekedar rebahan saja. Lalu bagaimana jika sofa yang sering kita gunakan kotor dan sulit dibersihkan. Tentu akan mengganggu aktivitas nyantai kita seperti diatas. Sofa yang besar dan berat juga membuat kita kesulitan untuk membersihkan noda tersebut. Alhasil, jalan terakhir yang bisa kita lakukan adalah membawa sofa tersebut ke tukang laundry, Padahal ada cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk membersihkan noda di sofa tersebut. Ya, hanya dengan deterjen Rinso, teman-teman sekalian bisa membersihkan noda kotor pada sofa dengan mudah tanpa harus membawanya ke luar rumah.

noda di sofa
Dok, pri

Tips Membersihkan Noda Kotor Pada Sofa dengan Rinso Deterjen

Dalam membersihkan noda pada sofa, kita cukup menggunakan formula ringan saja ya, hindari penggunaan cairan keras ataupun formula berbahan kimia keras. Hal tersebut dilakukan supaya tidak merusak warna pada sofa tersebut. Lalu bagaimana cara membersihkan noda sofa dengan deterjen ini?. Perhatikan Tips Membersihkan noda pada sofa sebagaimana berikut ini. 

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu benda-benda berikut ini ya.
- Bahan Pembersih utama yaitu Rinso Anti Noda Cair
- Sendok sebagai alat pengerik atau pengkikis kotoran yang sudah mengering
- Kantung plastik sebagai tempat sampah
- Spons sebagai pembersih sofa
- Mangkuk yang sudah berisi air
- Kain bersih
- Air Bersih

Jika benda-benda diatas sudah disiapkan maka lakukanlah beberapa hal sebagaimana berikut ini.
1. Hal yang pertama kali dilakukan adalah ambillah sendok lalu bersihkan noda yang mengering pada sofa dengan cara dikikis sampai noda-noda yang menempel benar-benar bersih.
2. Kemudian tuangkan Rinso Anti Noda Cair pada mangkuk yang sudah terisi air tadi. Aduk campuran air dan Rinso hingga airnya berbusa.
3. Lalu ambillah spons dan rendam pada mangkuk yang telah berisi campuran air dan Rinso Anti Noda Cair tadi. Angkat sebentar, peras sedikit supaya tidak memakan banyak air. Kemudian gosok pada area sofa yang kotor hingga benar-benar bersih.
4. Setelah selesai membersihkan sofa dengan spons, ambil kain bersih yang telah dibasahi dengan air bersih, kemudian gosok pada sofa untuk membersihkan sisa sabun pada sofa tersebut. 
5. Setelah itu, keringkan sofa dengan cara buka jendela atau penutup cahaya yang ada di ruangan tersebut agar sinar matahari bisa masuk dan mengeringkan sofa. Jika perlu, ambil kipas angin dan arahkan pada sofa  untuk mempercepat proses pengeringan pada sofa supaya tidak mudah apek. 

Noda Luntur pada Pakaian

Noda luntur pada pakaian juga menjadi masalah lainnya selain dari noda kotor pada sofa. Teman-teman pernah tidak? Setelah berusah payah mencuci baju dengan sepenuh kekuatan jiwa dan raga (Lebay amat dah, haha), Namun noda tetap membandel dan menempel pada pakaian kita. Noda luntur memang menjadi momok dalam membersihkan baju. Noda luntur juga perlu penanganan ekstra supaya baju benar-benar dalam keadaan bersih. Sebelumnya perlu kita sadari beberapa hal tentang noda luntur pada pakaian, jika kita mengetahui jenis-jenis noda luntur pada pakaian secara tepat, baru kita bisa menentukan deterjen  apa yang cocok untuk membersihkan noda luntur pada pakaian tersebut.

Jenis-Jenis Noda Luntur dan Cara Membersihkannya

Terdapat dua jenis noda luntur yang bisa kita ketahui secara umum yaitu noda luntur protein dan noda luntur non-protein. Untuk lebih lanjut, simak perbedaan dari kedua jenis noda tersebut pada ulasan berikut ini.

Jenis Noda Luntur Protein pada Pakaian

Noda luntur protein adalah noda kotoran dengan jenis noda yang berasal dari unsur-unsur yang mengandung protein. Misalnya saja cairan yang berasal dari tubuh manusia seperti keringat, darah dan lain-lain. Di samping itu, bisa juga berasal dari sejenis makanan yang berbahan dasar susu seperti yogurt, es krim dan lain-lain. Nah, jika pakaian teman-teman kotor akibat beberapa hal diatas berarti dapat diindikasikan bahwa pakaian tersebut kotor akibat noda protein. Lalu bagaiamanakah cara membersihkan noda protein ini?

cara menghilangkan noda luntur

Untuk pakaian yang kotor karena noda protein bisa langsung dibersihkan dengan deterjen yang mengandung enzim. Bisa dikatakan, semua noda protein bisa dibersihkan dengan menggunakan deterjen berenzim. Hal tersebut dikarenakan deterjen berenzim berfungsi untuk membersihkan atau menghancurkan noda protein hingga bersih kembali. Rinso Matic merupakan deterjen berenzim yang dapat menjadi solusi kamu untuk membersihkan noda protein tersebut.

Pastikan noda protein tersebut jangan sampai menempel hingga berhari-hari ya. Nah, jika kita harus berhadapan dengan noda luntur, coba cuci ulang kembali pakaian di mesin cuci dengan menggunakan air hangat dengan suhu kurang lebih 30 s.d. 40 derajat. Jangan gunakan air panas ya, karena adanya air panas justru malah membuat noda meresap ke pakaian tersebut. Langkah-langkah tersebut bisa dilakukan untuk memersihkan noda protein pada pakaian. Jadi, selagi kita bisa membersihkannya dengan Rinso Matic, kita tidak perlu menggunakan pemutih atau penghilang noda, pakai saja untuk membersihkan noda non-protein ataupun noda bandel lainnya. 

Jenis Noda Luntur Non-Protein pada Pakaian

Setelah kita mengetahui tentang noda protein dan cara membersihkannya, lalu apa yang di maksud dengan noda non-protein? Noda Non-protein adalah kotoran atau noda yang mengandung unsur non-protein. Hal ini bisa dicontohkan dengan Tinta, Cat, dan lain-lain.  Bisa juga berasal dari noda kopi, teh, rumput, ataupun buah-buahan. Dalam menghadapi noda di atas, tentu memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Maka dari itu kita juga harus tahu bagaimana cara membersihkan non-protein yang sesuai dengan tingkat kesulitannya. Jangan sampai kita sudah mencuci dengan bersusah payah tapi noda tetap membandel, maka kita perlu deterjen yang tepat menjadi solusi yang terbaik dalam membersihkan noda tersebut.


Dalam membersihkan noda non-protein, tak selamanya menggunakan air hangat dan deterjen berenzim akan berhasil. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan pada  noda non-protein yang lebih membandel. Maka dari itu maka cobalah membersihkan noda dengan cara pra-pencucian. Maksudnya adalah oleskan terlebih dahulu deterjen pada kain yang kotor. Usahakan jangan menggunakan deterjen bubuk ya, karena bisa membuat kain menjadi residu. Gunakanlah Rinso Anti Noda Cair pada pakaian kemudian cucilah di mesin cuci hingga bersih. Penggunaan Rinso Anti Noda Cair tidak hanya menjadikan pakaian menjadi lebih bersih melainkan juga membuat lembut di tangan.

Cara Membersihkan Noda Luntur Non-Protein pada Baju Putih. 

Masalah baju putih memang perlu perawatan khusus, siapa sih yang gak risih liat noda atau kotoran pada baju putih kita walaupun sedikit. Karena sedikit saja ada kotoran baju putih, maka akan sangat nampak jelas oleh pandangan mata. Maka dari itu, perlu sekali penanganan khusus dari membersihkan noda tersebut sebagaimana berikut ini.
1. Menggunakan baking soda dan cuka adalah cara alternatif yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan noda luntur pada pakaian, karena dalam baking soda dan cuka terdapat bahan alami yang bisa membersihkan noda-non protein.
2. Campurkan setengah cangkir dari baking soda dan tambahkan campuran dari Rinso Matic pada laci deterjan. Untuk alternatif lain, bisa juga dengan menggunakan setengah cangkir cuka dan Rinco Matic yang kemudian di campur dengan wewangian pada laci deterjen tersebut.
3. Pilihan lain yang bisa dilakukan juga dengan cara menggunakan pemutih pada pakain di tahap pre-wash. Hal ini bisa dilakukan mulai dari merendam baju selama 15 menit (Maksimal) dengan pemutih. Hal tersebut dilakukan supaya serat baju tidak mudah rusak. 

Demikianlah ulasan saya mengenai cara membersihkan noda pada sofa dan noda luntur pada pakaian ini. Dalam membersihkan pakaian, kita juga harus panda-pandai memilih deterjen yang tepat untuk membersihkan pakaian loh. Kenali juga, jenis noda apa yang terkena pada pakaian teman-teman sekalian, sehingga deterjen yang digunakan pun bisa menyesuaikan. Rinso hadir dengan berbagai varian mulai dari Rinso bubuk sampai ke Rinso Cair. Ingat ya teman-teman! Memilih deterjen pakaian jangan sampai salah pilih ya, hanya Rinso solusi terbaik untuk noda membandel di bajumu.

You Might Also Like

10 Comments

  1. Ini serius rinso anti cair?? Berrti yang bubuk gtu a??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak, itu Rinso Anti Noda Cair maksudnya..
      Yuk, Cobain pake rinso anti noda cair kak buat mencuci baju.

      Hapus
  2. Rinso produk pembersih lejen memang ya, apalagi sekarang ada yang cair, mencuci membersihkan jadi menyenangkan yeay ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,, bener mbak.. udah coba rinso yang mana nih? hehe

      Hapus
  3. Ternyata membersihkan sofa cukup mudah ya, jadi lebih mudah lagi karena ada Rinso. Saya kira membersihkan sofa itu harus menyiramnya dengan air dan lalu menggotongnya ke luar rumah buat dijemur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sampe harus dibawa keluar rumah mas, dalam ruangan juga masih bisa.

      Hapus
  4. Apapun mereknya namanya adalah Rinso. Seperti apapun merek pasta gigi namanya adalah odol

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk iya mas, mungkin karena mereknya sudah melegenda di di Indonesia

      Hapus
  5. Wah, tips keren nih! Rinso memang andalan keluarga yang turun temurun. Ibu saya bahkan merasa cucian baru sempurna kalau deterjennya rinso.

    BalasHapus

Top Categories