Kuliner Khas Ala Desa Ngadirejo

Pada postingan sebelumnya, saya telah menjelaskan pengalaman saya berlibur ke destinasi wisata Watu Payung dan Watu Gepit di Desa Ngadirejo, Jabung, Malang. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang kuliner khas yang bisa kamu temukan di Desa Ngadirejo ini. Enak banget kan, Setelah asyik bermain dan berpetualang menyusuri wisata di Desa Ngadirejo, kita juga bisa menikmati hidangan khas yang ada di Desa ini.

Sebenarnya jika teman-teman ingin berlibur ke tempat ini, pihak warga setempat juga menyediakn paket berlibur ke beberapa tempat wisata yang ada di Desa Ngadirejo Malang. Paket liburan tersebut bisa mulai dari penginapan, makan, dan akses transportasi menuju destinasi wisata yang diinginkan. Sampai saat ini telah ada 17 penginapan yang tersebar di Desa Ngadirejo. Di samping itu juga, pihak penginapan menyediakan makanan 3 kali sehari, sehingga kita juga tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli makanan dari luar penginapan. Nah, dalam makanan khas kali ini saya akan menjelaskan beberapa menu khas yang ada di desa wisata Ngadirejo. 

Sambal Bakar Maknyus


Salah satu menu spesial dari Desa Ngadirejo ini adalah sambal bakarnya nikmat, biasanya sambal bakar ini disandingkan dengan makanan-makanan khas lainnya. Ketika Ibu Wicahyo membawakan sambal yang dengan ulekannya, sambal yang ada di ulekan itu masih meletup-letup. Dinamakan sambal bakar karena dalam proses memasak sambalnya yaitu dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan ke pelanggan. 

Awal pertama kali memakan sambal bakar ini, rasanya biasa saja tanpa ada rasa pedas yang berarti. Setelah beberapa kali suapan, rasa pedas tiba-tiba membakar mulut saya. Sambal bakar ini sangat nikmat dimakan dengan aneka hidangan nasi dan menu lainnya, kamu bakalan ngerasain sensasi makan sambal bakar yang puedes banget ala Desa Ngadirejo ini. Nah, bagi kamu yang suka atau hobi memakan makanan pedas, kamu boleh banget nyobain sambal  bakar ini. Ngomong-ngmong, kamu cuman bisa nyobain sambal bakar ini hanya di Desa Ngadirejo aja loh. Namun, bagi kamu yang ingin mencicipi sambal ini, kamu bisa juga memesan langsung ke Bapak Wicahyo ya. Kamu bisa membayar dengan harga Rp.15.000 per toples, Wah! Murah banget kan. Sambal ini juga bisa bertahan hanya tiga hari saja, tetapi jika kamu menaruhnya di kulkas sambal ini bisa bertahan sampai lima hari. Nah, bagi kamu yang nggak sempet ke Desa Ngadirejo, bisa dipesan langsung ya dengan menghubungi, nomor Bapak Wicahyo.

Oalahan Daun Memes yang Mantap Jiwa


Salah satu lagi makanan khas dari Desa Ngadirejo ini adalah daun memesnya, olahan daun memes ini bisa banget jadi pendamping makananmu dengan sambal bakar. Proses pengolahannya juga termasuk mudah, daun memes tidak perlu direbus ataupun dikukus, melainkan langsung saja di remas-remas hingga menjadi butiran-butiran yang mengecil, kemudian dicampur dengan adonan tepung dan digoreng. Rasa yang muncul sangat nikmat, apalagi dicocol dengan sambal bakar khas Desa Ngadirejo tersebut.

Godong  Banci atau Godong Alas


Salah satu menu khas lainnya adalah Godong Banci atau Godong alas, sayuran ini adalah jenis tumbuhan yang tumbuh liar di hutan. Jadi, kita tinggal mengambil saja dan langsung diolah. Biasanya cara pembuatannya adalah sayuran tersebut di kukus, lalu dicampur dengan sambal bakar tersebut.

Kue Samidram 


Salah satu lagi makanan khas Desa Ngadirejo favorit saya yaitu kue Samidram. Jenis makanan ini adalah makanan camilan berbentuk seperti keripik yang berlapis-lapis, membuat teksturnya menjadi lebih renyah. Terdapat dua varian rasa yaitu manis dan asin. Waluapun benttuknya sederhana, tetapi ketika mencicipi makanan khas ini akan terasa istimewa.

Biasanya ketika kami makan sambal bakar tersebut akan satu paket dengan beberapa menu lainnya seperti sambal bakar, daun memes, godong banci, terong goreng, ikan asin, tahu, tempe, nasi jagung, nasi putih, kerupuk dan lain-lain. Ketika makanan tersebut dipadukan, maka akan menjadi cita rasa yang enak di mulut. Buruan ke sini yuk, dan rasakan sensasi paket komplit berlibur ke Desa Ngadirejo, Jabung Malang ini.


Demikianlah ulasan saya mengenai menu-menu khas yang ada di Desa Ngadirejo, Malang ini. Bagi kamu yang arek malang atau dimanapun kamu, Yuk liburan ke Desa Ngadirejo. Nikmatilah paket komplit berwisata di Desa Ngadirejo ini mulai dari akses wisata, penginapan, hingga makanan khasnya. Saat ini pihak desa sedang bahu membahu membangun dan menata desa menjadi desa wisata andalan di kecamatan Jabung tersebut. Maka dari itu, mari bekerjasama miningkatkan pariwisata dan memajukan ekonomi warga setempat melalu pariwisata. Selamat berlibur dan makan enak ya guys. Hehehe. 

You Might Also Like

0 Comments

Top Categories