Pop Up Store sebagai Pendongkrak Ekowisata di Istana Maimun Medan



Selain terkenal dengan wisata alamnya, Indonesia juga terkenal sebagai wisata budayanya yang memesona. Nama Indonesia pun sering masuk ke beberapa nominasi wisata yang wajib dikunjungi di dunia. Seperti misalnya acara Battle Trip Korea yang melombakan destinasi wisata terbaik di dunia, dan Indonesia pernah beberapa kali menjadi destinasi pemenangnya. Makin hari, minat wisatawan mancanegara pun semakin meningkat untuk berlibur ke Indonesia. Terlebih lagi, pemerintah juga terus berupaya memperbaiki sektor pariwisata yang ada di Indonesia begitupun dengan insfrastrukturnya yang layak bagi wisatawan. Di samping itu, Indonesia juga memiliki wisata budaya yang sangat beraneka ragam, salah satunya adalah Istana Maimun. Istana ini merupakan satu dari ribuan budaya Indonesia yang menjadi potret sejarah yang bisa kamu kunjungi. Dalam pemanfaatannya, Istana Maimun sebagai wadah bagi Pop Up Store sebagi pendongkrak ekosiwisata di destinasi wisata tersebut.

Destinasi Wisata Istana Maimun

istana maimun


Istana Maimun adalah sebuah istana kesultanan yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini didesain oleh seorang arsitek yang berasal dari Italia dan dibangun oleh Sultan Deli yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid. Dengan perpaduan asrsitektur Melayu yang berpadu dengan nuansa Islami, Spanyol dan Italia membuat bangunan ini menjadi megah dan sangat indah. Tepat di depan Istana Maimun ini terdapat sebuah masjid yang bernama Masjid Al-Mashun dan kini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Kota Medan. Istana ini merupakan sebuah kesultanan Deli yang terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Awal pembangunan istana ini yaitu pada 26 Agustus 1.888 M dan rampung pada tanggal 18 Mei 1.891 M. Nah jika teman-teman sedang berwisata ke Medan, maka Istana Maimun ini dapat menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang dapat di kunjungi.

Akses Tiketing Terbaik bagi Wisatawan yang berkunjung ke Istana Maimun

Seiring berkembangnya zaman, Istana Maimun semakin hari semakin terkenal dikalangan para pelancong seantero negeri. Maka dari itu, pastilah jumlah pengunjung yang datang akan lebih banyak dua kali lipat daripada tahun-tahun sebelumnya. Mengandalkan pembelian tiket secara tentu akan memperlambat kinerja dan membuang-buang waktu. Padahal, di era milenial ini semua hal dituntut agar dapat menjadi mudah dan cepat, sehingga waktu yang digunakan bisa berjalan lebih efisien. Maka dari itu, Destinasi Wisata Istana Maimun ini, kini telah dilengkapi dengan sistem pembayaran tiket online yaitu dengan menggunakan Pawoon. Aplikasi Pawoon akan mempermudah setiap pelanggan dalam setiap transaksi pembelian tiket masuk ke destinasi wisata Istana Maimun ini.

Adanya aplikasi pawoon sangat memudahkan kasir dalam melakukan transaksi pembayaran tiket tanpa harus membuat pelanggan harus menunggu terlalu lama. Di samping itu, dengan tampilan aplikasinya yang sederhana dan menarik, membuat fitur-fitur yang ada di aplikasi Pawoon mudah diakses oleh. Aplikasi Pawoon ini sangat cocok digunakan dalam transaksi tiket wisata ataupun yang berhubungan dengan pembayaran yang serupa dengan hal tersebut, karena dapat mempercepat kinerja kasir dan meminimalisir terjadinya kecurangan dan kesalahan dalam bertransaksi. Di samping itu juga, pelanggan tidak harus menunggu lama untuk melakukan pembelian tiket dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Pop Up Store, Trend Kekinian dalam Memulai Bisnis

pop up store

Tahukah kamu apa itu Pop Up Store? Bagi para usahawan muda atau yang bisnisnya masih seumur jagung. Pop up store dapat menjadi pilihan yang tepat dalam melakukan kegiatan berbisnis. Pasalnya, menggunakan sistem pop up store akan mempermudah akses jualan di mana saja dan dengan harga sewa tempat yang terjangkau. Pop up store adalah sitem penjualan atau bisnis dengan memanfaatkan gerai atau miniplace di sebuah tempat untuk menjual atau mekakukan bisnis mereka, dan hal tersebut bersifat sementara saja karena gerai yang mereka sewa bukan tempat pusat penjualan barang-barang mereka. Hal ini bisa kita temui di Mall-mall besar di Indonesia ataupun pada event-event tertentu yang tentunya sudah melakukan kesepakatan dan kerjasama dalam melakukan sistem bisnis pop up store tersebut.


Misalnya begini, pernah nggak teman-teman ke Mall di lantai satu atau di mana saja misalkan, terdapat toko-toko kecil yang berjualan berbagai macam produk mereka dan bersebelahan dengan toko sebelah yang hanya dipisahkan dengan sekat biasa saja. Nah, tempat itulah yang dinamakan dengan pop up store, karena bisnis yang mereka lakukan bersifat sementara saja. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan pop up store ini, selain harga sewa yang terjangkau, pop up store juga akan mendatangkan banyak pelanggan yang ke Mal dan menyempatkan waktu untuk melihat ke pop up store tersebut.

Pop Up Store Sebagai Salah Satu Pendongkrak Ekowisata Istana Maimun Kota Medan

Terdapat beberapa hal yang disayangkan pada Destinasi Wisata Istana Maimun ini, salah satunya adalah adanya warung kaki lima yang ada di sekitar kawasan Istana Maimun. Padahal jika dikelola dengan baik, maka justru akan membuat wisatawan semakin betah untuk berwisata ke destinasi Istana Maimun. Seandainya warung kaki lima dapat ditempatkan pada titk tertentu dan menjadi titik pusat pembelajaan oleh-oleh, maka tentu akan menghasilkan hasil yang lebih memuaskan. Memanfaatkan sistem bisnis Pop up store dapat menjadi solusi yang tepat sebagai bisnis penjualan di kawasan Istana Maimun. Jika kita mengadakan sebuah event tertentu di Istana Maimun, misalnya saja seperti Istana Maimun mengadakan event akbar tahunan dengan merayakan atau mengenang kisah dan sejarah dari Istana Maimun ini sehingga acara ini dapat dihadir oleh seluruh masyarakat Kota Medan. Kemudian Istana Maimun memberi kesempatan kepada siapa saja yang memiliki usaha untuk melakukan bisnis pop up store di event akbar tersebut. Hal tersebut tentunya akan sangat mendukung para wsiatawan untuk berdatangan lebih banyak lagi ke destinasi Wisata Istana Maimun ini. Pop up store yang disediakan pun harus sesuai dengan event yang diagendakan misalnya menjual berbagai macam souvenir khas Kota Medan khususnya Istana Maimun, Menjua; kuliner khas Kota Medan ataupun yang lainnya.

Di samping penggunaan pop up store memudahkan dan mendukung event tersebut, alngkah lebih baiknya jika proses transaksi yang dilakukan dapat dilakukan dengan efisien. Menggunakan Aplikasi Pawoon dapat membantu proses pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah. Tidak hanya untuk destinasi wisata saja, Pawoon juga bisa digunakan oleh pop up store sebagai aplikasi kasir ketika transaksi pembelian barang-barang dilakukan, sehinggga akan mempermudah proses transaksi antara penjual dan pembeli. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi Pawoon ini. Yuk, jadikan bisnismu menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan Aplikasi Pawoon ya!

Demikianlah ulasan saya mengenai Destinasi Wisata Istana Maimun dan sistem pembayaran dengan menggunakan aplikasi Pawoon ini. Ada banyak destinasi wisata indah yang bisa kamu kunjungi di Indonesia ini. Namun, supaya proses pembelian tiket wisata itu menjadi lebih mudah, maka meggunakan aplikasi Pawoon dapat menjadi solusi yang tepat dalam melakukan transaksi pembayaran tiket antara sang kasir dan pelanggan. Aplikasi kasir Pawoon tidak hanya dapat digunakan pada destinasi wisata, melainkan pada bisnis pop up store juga bisa, sehingga memudahkanmu dalam melakukan transaksi pembayaran antara penjual dan pembeli. Selamat berjalan-jalan~

You Might Also Like

24 Comments

  1. Pengen banget pergi ke Medan, yang katanya indah itu :). Keren juga ya istana maimun sudah menjual tiketnya secara online

    BalasHapus
  2. Pop up store ini bagus untuk mendukung ekonomi mikro. Asal penempatannya layak saja. Kalo di outdoor, kadang dulu saya bercanda, mereka yg buka lapak di trotoar setiap car free day itu kami iseng bilang itu pop up store juga. Kekeke. Kalo di Medan, seperti yg mas contohkan, sepertinya sudah rapi dan tertata.

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke Medan, baca artikel ini serasa sudah pernah ke Medan, hehehehe.

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu apa itu pop up store :)
    Btw, jadi pengin ke Medan, banyak bangunan peninggalan bersejarah di sana.

    BalasHapus
  5. Oh Pop up store ternyata seperti itu. Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia apa ya?

    BalasHapus
  6. Baru tahu,, ada istilah pop up store... mungkin kedai temporer kali ya kalau dibahasa indonesiakan. Pantesan aja di mal itu ak sering nemu ada toko kecil buka cuma bentar, kukira bangkrut. ternyata emang begini to sistemnya.

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu kalau ada istilah khusus untuk gerai-gerai kecil kayak gitu, pop up store ya namanya. Pas baca judulnya, kirain ini nama aplikasi

    BalasHapus
  8. Salut buat Indonesia yang semakin kreatif,jadi meski toko nya masih dibilang kecil bisa juga buka gerai di Mall dengan sistem Pop Up Store.
    Semoga makin merambah ke provinsi lain ya,tidak hanya di Medan saja

    BalasHapus
  9. Saya beranggapan popup store memiliki biaya sewa bulanan yang lumayan mahal, karena banyak saya temui di mall" besar.. ternyata anggapan saya salah, bahkan biaya sewa sebaliknya ya, bisa lebih murah, atau karena temporer biaya sewanya mede ya?

    BalasHapus
  10. POP UP STORE kirain event musik indie pop ternyata sistem jualan. Baru tau juga ada aplikasi pawoon, wah harus nyoba nih

    BalasHapus
  11. Ouw! Aku baru tahu klo jualan gitu namanya pop up store. 😃😃😃 liat istana maimun jadi pengen ke sana. Coba ah mumpung abis liburan

    BalasHapus
  12. Dapat tambahan ilmu baru nih. Pop UP Store ternyata tidak ke mahal yang diduga dan bisa dicoba oleh usahawan muda.

    BalasHapus
  13. Ooooo..jadi pop up store itu kayak lapak sementara ya... ga selamanya ada... dan biasanya ganti2 dagangannya... membantu sich mendorong ekonomi umkm sekitar... tapi saya sendiri baru sadar..belum pernah mampir ke istana maimun medan...padahal sering ke medan

    BalasHapus
  14. Kukira minuman kekinian kak,oh kalau jualan seperti itu namanya pop up toh. Aku ga jadi2 ke medan nie, padahal mantan bosku nyuruh main ke sana huhuhu, semoga bisa terwujud ke medan, bisa berkunjung ke istana maimun

    BalasHapus
  15. Wah, seru ya wisata sejarah dan budaya sambil cuci mata liat pop up store kekinian. Ada tempat ngopi juga gak mas disitu?

    BalasHapus
  16. Makan bareng di Pangkalan Berandan
    Jangan lupa lalapan timun
    Jalan-jalan di kota Medan
    Wajib singgah ke Istana Maimun

    BalasHapus
  17. Saya baru tahu kalau namanya pop up store, nih. Ternyata begitu to, sistemnya. Asyik, ya, sistem pop up store gini. Praktis dan tak butuh uang banyak untuk sewa. Semoga wisata di sini juga segera ada, nih, kan asyik. Bisa sewa sebentar lalu pindah lagi.

    BalasHapus
  18. oh jadi di istana maimun ada pop up store juga ya? nah aku baru tau tuh aplikasi pawoon..

    BalasHapus
  19. Pawoon ini keren, banyak fiturnya. Kayaknya menjadi pelopor bagi software POS di tanah air juga.

    BalasHapus
  20. Gile, sekarang semua2 jadi mudah. Aku jg baru denger istilah pop up store, apalagi ada aplikasi pawoon, jadi serba praktis buat jualan

    BalasHapus
  21. Penasaran, gimana ya ruang dalam Isata Maimun? Pasti sama indahnya dengan arsitektur luar istana

    BalasHapus
  22. ga di mana mana ada kota yang mulai ramai aja udah dibangun tempat store yang memang menyiapkan dan menyediakan kebutuhan masyarakat dikota tersebut.

    BalasHapus
  23. Belum pernah ke Medan, semoga bisa merasakan kota ini suatu saat nanti. Apalagi sekarang mulai maju dan modern sepertinya akan menyenangkan jika ke sana.

    BalasHapus
  24. ohbaru tahu klo sistem bisnis gini namanya pop up store,

    pasti harga sewanya mayan mahal juga nggak sih mas?

    BalasHapus

Top Categories