Banding Kualitas dari Harga Honda Brio dan Toyota Avanza, Mana Lebih Bagus?

Dalam memilih mobil baru, kita tentu memikirkan banyak faktor sebagai pertimbangan dalam membeli mobil baru tersebut. Mulai dari aspek kegunaan dan kebutuhan yang sesuai dengan keperluan kita. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah budget yang kita miliki dalam membeli mobil tersebut apakah sudah sesuai dengan jumlah keuangan yang kita miliki. Bagi saya yang masih dalam kategori pengamat dunia permobilan saja, dan bercita-cita memiliki mobil baru di tahun-tahun berikutnya, perlu juga mengetahui perkembangan terkini dunia otomotif tersebut juga lo, wkwkwk.

Sumber : www.otr.id

Nah, Kali ini saya mau membahas tentang dua mobil dengan standar kelas yang sama yaitu Honda Brio dan Toyota Avanza, Kedua mobil ini memiliki rate harga yang sama yaitu kisaran harga seratus juta sampai dua ratus juta, harga tersebut saya dapatkan dari www.otr.id, walaupun harga Toyota Avanza dan harga Honda Brio memiliki harga yang relatif sama, namun apakah kelebihan yang dimiliki kedua mobil tersebut juga sama. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Toyota Avanza dan Hoda Brio tersebut.

1. Memiliki Desain Mobil yang Baik
Berbicara soal desain mobil, Toyota Avanza memiliki desain eksterior yang stylish dan elegan, adanya desain baru dengan Cover Foglamp (1.3 G), Serta New Front Aerokit (Type G Luxury), tentunya membuat mobil ini memiliki desain yang lebih elegan dan sporty. Adanya desain pada samping mobil dengan tipe G luxury dan belakang mobil Avanza dengan Modern Smoothing dan New Luxury Emblem (Type 1.5 G Luxury) juga membuat Avanza ini menjadi lebih elegan dan modis.

Sedangkan Honda Brio sendiri mempunyai kelebihan tersendiri dari desain eksteriornya, eksterior pada mobil ini didesain menjadi lebih kecil sehingga membuat pengemudi dapat membawa mobil Honda Brio ini hingga menjangkau jalan-jalan sempit sekalipun. Pada saat jalan-jalan terbatas, mobil Honda Brio ini juga sangat mudah untuk digunakan saat mengemudi. Di samping itu juga, Honda Brio ini adalah mobil yang mengusung LCGC (Low Car Green Car), yaitu menjadikan mobil ini kendaraan yang ramah lingkungan dan dipatok dengan harga yang murah.

2. Mesin dengan Peforma yang Tinggi
Untuk mesinnya sendiri Toyata Avanza terbaru ini dilengkapi dengan mesin bertipe IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, VVT-I, sehingga menjadikan mobil dengan low MPV ini dapat memilki tenaga sebesar 104 hp pada 6000 rpm, pada torsi sendiri juga mampu mencapai hingga 137 Nm pada 4400 rpm.

Honda Brio terkenal dengan performa mesinnya yang bertenaga, pada mobil sekelas hatcback saja, memiliki tenaga yang dapat mencapai 1300 cc. Maka dari itu, Manuver mobil ini dikenal bagus dan lincah saat mengendara. Mesin ini juga telah didukung dengan kapasitas mesin 1.3 L SHOC i-VTEC yang mampu mencapai 100 Ps pada putaran 6000 rpm dan torsi yang mampu mencapai 13 kg.m pada saat berada di putaran 4800 rpm.

3. Performa Mobil yang Nyaman
Saat ini Toyota Avanza telah mengggunakan mesin Variable Valve Timing Injection atau VVT-I. Bahkan, di generasi terbaru juga sudah menjadi dual VVTI-I. Inilah yang membuat Avanza terasa berbeda di setiap generasinya. Hal tersebut juga membuat tenaga tersalur sejak rpm menengah sehingga berdampak pada proses produksi daya yang lebih halus dan tentu berimbas pada bahan bakar yang dapat ditekan menjadi lebih baik. Adanya gas di Avanza membuat kendali menjadi lebih ringan ketika diinjak dan mendapatkan laju yang maksimal. Posisi duduk menjadi lebih ergnomis, sistem gearboz juga menjadi lebih baik. Avanza selalu menjadi lebih baik tiap generasinya, mulai dari suspensinya yang tidak lagi bermasalah, kaki-kaki mobil menjadi lebih lembut  dan tidak ada lagi bantingan keras. Handling juga menjadi lebih presisi tanpa ada lagi getaran pada dashboard serta mendengung dari luar ruang kabin.

Sedangkan pada Mobil Honda Brio ini memiliki sistem yang handling yang cukup stabil ketika digunakan, hal inilah yang membuat sistem kemudi pada mobil tersebut tidak gampang loss, sehingga jika wanita sekalipun yang mengendarai akan sangat mudah untuk mengendarai mobil tersebut.

4. Keamanan Ekstra
Fitur keamanan dan keselamatan sangat penting bagi setiap kendaraan, seperi misalnya Toyota Avanza yang telah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap. Misalnya saja, dengan kunci yang sudah immobilizer, sehingga kunci ini menjadi snagat penting dan fungsi mesinnya yang dapat merespon jika di starter dengan menggunakan anak kunci yang mempunyai kode yang sama dengan sistem kode yang terdapat pada mesin. Hal ini akan memberi keamanan yang ekstra dan mencegah terjadinya kemalingan pada mobil tersebut. Kini terdapat sabuk pengaman dengan tiga titik penumpang tengah di jok baris kedua atau bisa disebut dengan side impact bearm. Seatbelt ini difungsikan untuk seluruh penumpang. 

Toyota Avanza juga dilengkapi dengan rem berteknologi Anti-lock Braking System (ABS) di semua variannya. Terutama bagi pengemudi dan penumpang depan, Kini juga telah dilengkapi dengan piranti keselamatan yaitu dual SRS Airbags dan sabuk pengaman yang telah dilengkapi dengan pretensioner and force limiter. Hal ini dapat mencegah luka  agar tidak menjadi lebih parah saat terkena benturan. Terdapat juga fitur Seatbelt warning yang akan menyala dan berbunyi untuk memindai para penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Tak kalah dengan Toyota Avanza, Honda Brio juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap. Yaitu DUAL SRS Airbags serta Pretensioner Seatbelts yang juga dilengkapi dengan Load Limiter. Honda Brio ini juga telah dilengkapi dengan G-Force Control +ACE yang memiliki fungsi untuk meredam dan melindungi mobil pasa saat terjadi tabrakan ataupun benturan yang tidak diinginkan.

5. Bahan Bakar yang Irit  
Untuk Bahan bakar sendiri Honda Brio telah menggunakan sistem teknologi PGM-FI pada sistem pasokan bahan bakarnya. Sehingga hal tersebut dapat menekan tekanan bahan bakarnya menjadi lebih baik. Untuk satu liter saja, honda brio ini dapat menjelajahi hingga 20 km perjalanan.

Untuk Avanza sendiri sudah menggunakan mesin dengan peforma VVT-I sehingga membuat mobil ini menjadi lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan indikator ECO yang menjadi acuan para pengemudi mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal. Untuk Grand Avanza dengan mesin 1300 cc dan transmisi manual, dapat mengonsumi bahan bakar 13,5 km/liter di jalan biasa seperti perkotaan dan hanya 18.0 km/liter saat melaju di jalan tol. Hal ini merupakan terobosan yang lebih baik dibandingkan dengan generasi pertama.

Demikianlah ulasan saya mengenai banding harga Toyota Avanza dan Honda Brio, melalui penjelasan di atas kita tahu sendiri kualitas atau kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh tiap mobil, sekarang kamu pun bisa memilih, mobil mana yang kamu sukai sesuai dengan kebutuhanmu. Meskipun masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya dan kekurangan-kekurangan yang dimiliki pada tiap mobil tersebut, semoga penjelasan di atas bisa menjadi bahan acuan dalam membeli mobil baru. Semoga bermanfaat~

You Might Also Like

0 Comments

Top Categories