Freeport: Istana yang Merakyat di Bumi Cendrawasih

Mari kita berpetualang sejenak menuju ujung timur Indonesia, di sana terdapat sebuah pulau yang luas nan subur tanahnya.


Papua,

Sumber : pesona.travel
Pulau dengan Jayapura sebagai pusat kotanya itu, maka tak jarang para wisatawan datang untuk berwisata melalui kota ini. Papua secara perlahan mulai berkembang, segala sektor mulai ditingkatkan baik dari bidang pendidikan, olahraga, ekonomi hingga insfrastrukturnya. 

Soal destinasi wisata, tidak usah ditanyakan lagi keindahannya. Pulau yang dijuluki sebagai “cahaya dari timur” itu mampu menyilaukan setiap mata yang melihat keindahan Papua. 


Raja Ampat, keelokan pulau-pulau kecil yang mengapung di perairan menjadi kesatuan yang indah. Ada juga Danau Sentani, danau terluas nan memesona di tanah Papua yang masih terjaga keasriannya.


Satu lagi keindahan yang tidak bisa dipungkiri oleh siapapun, Burung Cendrawasih. Burung dengan ekornya yang memanjang, menari-nari dan melompat dari pohon satu ke pohon lainnya, mengepakkan sayapnya yang warna-warni hingga terurai di udara.


Berbicara tentang Papua memang tidak ada habisnya, tiap sudut papua memiliki ciri khas yang istimewa. Dengan inovasi-inovasi yang dibuat masyarakatnya, menjadikan Papua sebagai pulau yang bisa menjadi ikon istimewa di Timur Indonesia.


Potensi Papua untuk Rakyat Papua


Di samping berbagai macam keindahan yang dimiliki oleh Papua, terdapat keistimewaan lainnya yang dimiliki olehnya yaitu sumber daya alamnya yang melimpah. 



Sumber : ptfi.co.id
Bahkan saat ini Papua menjadi tempat pertambangan yang besar di Indonesia, Papua memiliki kandungan emas dan tembaganya yang sangat melimpah. Di samping itu juga, papua terkenal akan subur tanahnya sehingga mudah untuk ditanami tanaman-tanaman lainnya, misalnya saja adalah pohon sawit, kopi arabika, kakao, karet dan beberapa tanaman lainnya. 

Melihat potensi yang dimiliki pulau Papua sangat melimpah, maka sangat diperlukan sebuah pengelolaan oleh lembaga-lembaga tertentu yang benar-benar mumpuni dalam pengelolaan sumber daya alam tersebut. Sehingga hasil dari bahan tambang tersebut dapat dikelola dengan baik, dan dapat membantu dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Papua, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.


Freeport : Istana yang Merakyat di Bumi Cendrawasih


Melihat begitu banyaknya potensi alam yang dimiliki oleh Pulau Papua, maka PT Freeport Indonesia hadir sebagai solusi pengelolaan bahan tambang yang baik sehingga hasil tambang tersebut juga mampu menjadi salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat Papua. 



Sumber : ptfi.co.id
PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan tambang mineral afiliasi dari Freeport-McMoRan (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Melalui PTFI ini akan terus menambang dan memproses bijih menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak.
 
Kemudian hasil dari tambang tersebut akan dijual ke seluruh dunia dan terutama ke smelter tembaga dalam negeri; PT Smelting. Pegunungan Sudirman, atau lebih tepatnya adalah dataran tinggi yang terletak di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua merupakan tempat dari PT Freeport ini beroperasi.


Tambang yang berada di kawasan mineral Grasberg, papua – Indonesia merupakan salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia. Saat ini PT Freeport sedang berada pada fase terakhir dari rambang terbuka Grasberg. Secara total smua tambang bawah tanah ini diharapkan menghasilkan tembaga dan emas dengan skala besar sehubungan dengan peralihan dari tambang terbuka Grasberg. 


Keunggulan yang Dimiliki oleh PT Freeport Indonesia


Melalui perusahaan tambang tersebut, akhirnya dapat berdampak positif pada perekonomian masyarakat Papua. Melalui semua usaha dan kesungguhan PTFI dalam mengelola hasil tambang tersebut, perusahaan pun mendapat banyak pernghargaan dari berbagai lembaga nasional maupun internasional. 


Misalnya saja baru-baru ini PTFI berhasil memberikan kontribusinya kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Melalui hal tersebut pun PTFI berhasil menerima penghargaan Indonesia Mining Association (IMA) Award pada tahun 2019. 


Di samping itu juga, sampai saat ini PTFI telah memiliki enam program pengembangan masyarakat, yaitu anatara lain (1) program pendidikan, (2) program kesehatan, (3) Program tingkat pendapatan riil/pekerjaan, (4) program kemandirian ekonomi, (5)program sosial dan budaya (6) program insfrastruktur.


Prestasi lainnya yang datang dari Freeport ini adalah induk dari PTFI yaitu Freeport McMoran (FCX). FCX ini berhasil mendapat penghargaan dari majalah bisnis Forbes dan Organisasi Just Capital dalam setiap tahunnya membuat pemeringkatan 100Just Companies. 


Melalui pemeringkatan tersebut Freeport McMoran berhasil berada pada urutan 91 dan merupakan satu-satunya perusahaan yang berasal dari sektor basic resources. Tidak hanya itu saja, penghargaan juga datang dari Corporate Responsibility Magazine (CR Magazine) lewat pemeringkatan 100. Best Corporate Citizens. Di situ, FCX berhasil berada pada peringkat ke-92 dan merupakan stu dari dua perusahaan tambang yang ada.


Kedua pemeringkata tersebut merupakan hasil dari perusahaan-perusahaan yang melantai bursa saham di Amerika Serikat. Pemeringkatan pertama dimulai pada tahun 2016 dan FCX selalu masuk di dalamnya sejak tahun 2017. 


Pada pemeringkatan kedua pada tahun ini merupakan ulang tahun FCX yang ke 20. FCX afda didalamnya pada tahun 2007-2013, dan kembali masuk pada tahun 2016, dan tahun ini masuk kembali.


Demikianlah ulasan saya mengenai PT Freeport Indonesia ini, melalui penjelasan di atas kita dapat mengetahui bahwa Papua adalah pulau yang indah dan memiliki sumber daya alam yang melimpah, maka dari itu perlu adanya pengelolaan yang tepat antara masyrakat dan pemerintah sehingga sumber daya alam tersebut dapat terkelola dengan baik. 


Hadirnya PT Freeport Indonesia, menjadikan sumber daya alam di tanah Papua dapat dikelola dengan baik dan dijual hingga ke seluruh dunia. sehingga hasil dari penjualan tersebut juga, dapat mebantu perekonomian masyarakat Papua dan Indonesia pada umumnya. Melalui hasil tambang dan emasnya melimpah, Papua juga terkenal akan wisata alamnya yang indah sehingga mampu mengundang banyak wisatawan lokal hingga internasional untuk berkunjung dan berwisata ke Pulau Papua ini.


You Might Also Like

19 Comments

  1. Semoga Freeport Indonesia semakin bersinergi membangun negeri, sesuai taglinenya. Jauh dari ibu kota hendaknya bukan alasan Papua untuk maju.

    BalasHapus
  2. Mantap yaa kontribusinya Freeport membantu pemerintah juga pastinya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Papua. Goodluck juga untuk kontes blognya ya mas.

    BalasHapus
  3. Alam Papua indah sekali, potensi tependamnya butuh pengelolaan yang baik. Saya harap semoga masyarakat Papua bisa beroleh banyak peningkatan kesejahteraan hidupnya dan tenteram.

    BalasHapus
  4. Cakep banget judulnya, Mas.


    Memang Freeport udah terkenal sejak dulu banget dan professional.

    BalasHapus
  5. Kalo pemerintah kita bisa lebih keren lagi mengelola sumber daya alam, pasti kita lebih sejahtera.

    BalasHapus
  6. Freeport ini perusahaan besar yang sudah lama ya di Papua. Mereka membantu masyarakat setempat juga meningkatkan perekonomian dan mengolah sumber daya alam dengan baik. Dan semoga ke depannya, Freeport makin maju serta ikut pula menjaga lingkungan sekitarnya ya.

    BalasHapus
  7. Baca ini makin bikin aku mupeng berat pengen ke Papua deh. Pengen lihat langsung aksi pemberdayaan masayarakat di sana oleh Freeport dan menikmati alam Papua yang cantik

    BalasHapus
  8. Dari artikel-artikel yang aku baca dari para blogger, Freeport kontribusinya sudah mumpuni untuk kemajuan masyarakat Papua. Semoga informasinya lebih berimbang ya...Selama ini aku hanya baca sekilas-sekilas di media massa, yang umumnya memojokkan...

    BalasHapus
  9. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat memberi dampak positif bagi sekitarnya, dengan banyaknya program yang diberikan oleh Freeport untuk masyarakat sekitar tambang patut di apresiasi

    BalasHapus
  10. Papua memang memiliki keindahan alam yang mempesona dan juga kaya akan bahan tambang. Hihi... analoginya pas banget, freeport emang kayak istana di Papua, bahkan bisa punya bandara sendiri

    BalasHapus
  11. Setuju tentang keindaham alam di Papua yang luar biasa. Indah sekali! Seperti di surga, dan ternyata memang ke sananya butuh dana tak sedikit.

    Melihat Papua terus berkembang, saya harap tiket ke sana bisa dipangkas 2/3-nya. Agar makin banyak yang bisa ke sana. Semoga CSR Papua akan menyentuh ke sana. Aamiin.

    BalasHapus
  12. Saya terlambat menyadari kalau Papua seindah ini, Mas ....

    BalasHapus
  13. Semoga Papua makin sejahtera karena sudah menyejahterakan Indonesia. Papua sendiri pun harus ikut sejahtera termasuk penduduknya

    BalasHapus
  14. Semoga rakyat Papua bisa lebih sejahtera dengan adanya freeport ini, baik dari segi kesehatan, pendidikan dan dan pemberdayaan masyarakat

    BalasHapus
  15. Alangkah bagusnya bila Freeport selalu mensejahterakan masyarakat Indonesia.. Semoga freeport jadi milik Indonesia Aaamiinn

    BalasHapus
  16. Setelah membaca artikel ini sedikit ada pencerahan, ternyata PT Freeport tidak seperti yang beritanya beredar di media media sosial. masih ada sisi perhatiannya kepada masyarakat pribumi di papua. dan semoga saja semakin harmonis sehingga warga masyarakat disana juga sejahtera.

    BalasHapus

Top Categories